4 Cara Mudah Jaga Kecantikan Kulit Secara Alamiah di Musim Kemarau

Avatar of PortalMadura.com
Cara Mudah Jaga Kecantikan Kulit Secara Alamiah di Musim Kemarau
ilustrasi
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Umumnya di musim kemarau, polusi udara lewat debu dan angin semakin meningkat. Akibatnya, kulit pun jadi lebih kering, kusam, dan tidak menarik. Untuk itu, di musim seperti sekarang ini menjaga kecantikan dan kelembapan kulit harus lebih ekstra.

Akan tetapi, Anda jangan terburu-buru mencari produk perawatan berbahan kimia, atau prosedur kecantikan yang instan. Pasalnya, mungkin Anda belum tahu bahwa 60 persen dari produk yang diaplikasikan di kulit akan terserap ke dalam tubuh.

Maka dari itu, berhati-hatilah dalam mengoleskan apa pun di kulit. Sebab, tidak sedikit produk kecantikan yang mengandung bahan kimia yang mungkin berbahaya bagi kesehatan atau tubuh.

Nah, berikut ini empat cara menjaga kecantikan kulit secara alamiah di musim kemarau:

Teh Hijau
Rutin mengonsumsi teh hijau secara teratur bisa mencegah radikal bebas dan radiasi dari sinar UV penyebab penuaan dini dengan cara meregenerasi sel-sel kulit yang sudah mati. Gejala awal yang ditunjukkan jika Anda mengalami penuaan adalah timbulnya garis-garis kerutan pada wajah.

Selain dikonsumsi, Anda juga bisa langsung mengaplikasikan teh hijau sebagai masker pada kulit untuk mencegah perkembangan jerawat dan meredakan peradangan. Cara membuat masker teh hijau sangatlah mudah, cukup dengan mencampurkan bubuk teh hijau dengan pepaya yang telah dihaluskan. Oleskan merata ke seluruh wajah dan biarkan selama 15 menit. Ramuan alami ini akan membuat kulit bercahaya dan meremajakannya.

Baca Juga:  6 Cara Gunakan Parfum agar Awet Seharian, Catat!

Mentimun
Mentimun memiliki khasiat sebagai pembersih wajah secara alami dan bisa menghilangkan komedo. Selain itu, juga efektif dalam menyegarkan kembali “mata panda”, yakni lingkaran hitam di sekitar mata akibat kelelahan. Cukup dengan cara menempelkan potongan buah timun pada mata selama 15 menit.

Air Mawar
Air mawar bisa membersihkan wajah, membuat pori-pori terbuka, menyegarkan kulit, dan melembapkan kulit. Anda bisa mencampurkannya dengan produk kosmetik atau sebagai pelarut masker Anda. Selain itu, air mawar bisa digunakan untuk pelembap alami rambut. Ekstrak mawar ini mampu melembutkan rambut dan membuatnya bersinar.

Air mawar memiliki anti-inflamasi yang tinggi dan dapat mengurangi jerawat serta kemerahan di kulit wajah. Tidak hanya itu saja, apabila digabungkan dengan daun hazel, dapat membantu menghilangkan minyak dan kotoran pada wajah serta membersihkan sisa-sisa kotoran yang menyumbat pori-pori pada wajah. Alhasil, kulit pun akan tampak semakin cerah.

Teh Hitam
Kulit Anda terbakar matahari selama liburan di pantai sehingga memerah dan membuat kulit menjadi gelap?. Campuran teh hitam dan minyak lavender dapat meredakan luka akibat kulit yang terbakar sinar matahari. Pasalnya, kandungan antioksidan pada teh hitam dapat melawan radikal bebas penyebab penuaan dini. Lalu, khasiat dari minyak esensial dari bunga lavender dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah.

Baca Juga:  Atasi Bintik-bintik di Wajah dengan 6 Cara Ini

Selanjutnya, teh hitam bisa menghilangkan lingkaran hitam. Caranya, cukup dengan meletakkan kantong teh yang telah didinginkan di lemari es di daerah mata bawah. Kafein dalam teh akan mengecilkan pembuluh darah dan mengurangi sembab, serta perlahan menghilangkan lingkaran hitam pada mata.

Perlu Anda ketahui, berbagai perawatan kecantikan alamiah di atas akan berakhir sia-sia apabila tidak didukung oleh gaya hidup yang seimbang dan baik. Maka dari itu, perbaiki juga pola gaya hidup Anda, dengan banyak minum air putih sepanjang hari dan tidur yang cukup pada malam hari. (kompas.com/Salimah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.