oleh

4 Cara Mudah Temukan Bakat Anak Sejak Dini

PortalMadura.Com – Tugas orang tua tidak hanya menjaga, merawat, dan mendidik anak, namun mengenali bakat si kecil juga menjadi tanggung jawab orang tua. Pasalnya, dengan menemukan bakat anak sejak dini, hal ini bisa membantu si kecil mengembangkan karier di masa depannya.

Lantas, bagaimana cara mengenal bakat anak?. Menurut pendiri Indonesia Montessori.com (IMC), Elvina Lim Kusumo, menyebutkan bahwa setiap anak punya keunikan, bakat, dan minat (passion) tersendiri. Seperti ada sebagian anak yang suka menari, main musik, olahraga, dan hobi lainnya.

“Karena anak punya kesenangan sendiri, tidak bisa orang tua memaksakan kesenangan tertentu kepada anaknya,” ujarnya, seperti dikutip PortalMadura.Com, Kamis (5/9/2019), dari laman Okezone.com.

Sebenarnya, untuk menemukan bakat anak tidaklah susah. Kendati demikian, memang diperlukan komitmen dari setiap orang tua untuk menggali minat buah hatinya. Apalagi dalam perjalanannya, minat si kecil itu terhadap sesuatu bisa berubah-ubah.

Maka dari itu, berikut ini empat cara menemukan bakat anak:

Buat Target Bersama

Orang tua bisa mengajak anak untuk membuat target bersama ketika umur si kecil sudah di atas 6 tahun. Katakan pada sang buah hati, jika mau lebih bagus lagi saat mengerjakan sesuatu, harus rajin latihan.

Orang tua juga perlu membuatkan jadwal latihan yang fleksibel. Jangan juga terlalu ketat, karena anak tetap butuh istirahat dan bermain.

Loading...

Sediakan Bahan dan Alat

Bila sudah ditemukan minat anak, beri bahan dan alat untuk mengembangkan minat si kecil tersebut. “Kalau berminat pada musik, misalnya, belikan alat musik, datangkan mentor atau masukan ke kelas musik, bisa juga bergabung dengan komunitas anak-anak penyuka musik,” saran Elvina.

Sediakan Ruang Khusus

Agar anak dapat mengeksplorasi minatnya, orang tua bisa menyediakan ruangan khusus. Tapi bila tidak punya ruangan yang lebih, bisa memanfaatkan garasi atau halaman belakang rumah, yang terpenting anak bisa bebas mengeksplor minatnya.

Selain itu, orang tua juga tidak perlu takut dinding rumahnya kotor akibat anak aktif mengeskplorasi minatnya.

Baca Juga: 3 Cara Menyenangkan Maksimalkan Bakat Si Kecil

Ajak Anak Bermain ke Luar Rumah

Sesekali, orang tua perlu mengajak anak bermain ke luar rumah, seperti ke kebun binatang, ke taman, ke perpustakaan, atau bahkan mengajak si kecil ke tempat orang tua bekerja.

“Perhatikan respon anak pada tempat tersebut. Mungkin senang dan berminat. Kalau anak pendiam, tanyakan, apakah senang diajak ke sana,” tutur Elvina.

Dari tempat tersebut, orang tua bisa menggali yang manakah minat yang dominan dari 8 kecerdasan anak. “Apakah anak senang sesuatu yang berhubungan dengan logika dan matematika, bahasa, musik, spasial, atau olahraga?” pungkas Elvina.


Rewriter : Salimah
Sumber : okezone.com

Komentar