oleh

4 Cara Obati Kulit Akibat Over Eksfoliasi

PortalMadura.Com – Eksfoliasi menjadi salah satu perawatan yang perlu dilakukan, setidaknya seminggu sekali. Karena, aktivitas membersihkan wajah yang dilakukan setiap hari kadang tidak cukup maksimal untuk mengangkat seluruh kotoran yang menempel di wajah

Apalagi, setiap hari Anda terpapar oleh sinar UV, polusi, debu, dan kotoran. Walaupun kulit bisa meregenerasi dirinya sendiri setiap 28 hari sekali, tetapi Anda tetap perlu melakukan eksfoliasi tambahan.

Gempur Rokok Ilegal Pemkab Sumenep

BACA : Jelang Liga 3 Jatim 2021, Madura FC Masih Butuh Empat Laga Uji Coba

Namun proses ini juga dapat menjadi bumerang jika Anda terobsesi untuk melakukan eksfoliasi lebih sering dari seharusnya. Bukannya mendapatkan lapisan kulit yang lebih sehat dan cerah, justru akan melukai lapisan kulit baru tersebut dengan frekuensi eksfoliasi yang terlalu sering atau yang Anda kenal sebagai over eksfoliasi.

Bersiaplah untuk mengalami dampak buruknya seperti kulit iritasi, kemerahan, inflamasi, kering, kulit wajah terasa seperti ditarik dan dehidrasi. Lebih parah lagi bisa mengalami breakout yang tidak berkesudahan dan rasa panas di sekitar wajah.

Jika hal ini terjadi, Anda masih bisa melakukan langkah-langkah berikut sebagai penanganan pertama terhadap kondisi over eksfoliasi:

Berhenti Sekarang Juga
Jika mulai merasakan dampak dari over eksfoliasi, hentikan produk skin care yang sedang digunakan. Biarkan kulit Anda membiasakan diri tanpa kandungan eksfoliator yang melukai lapisan kulit baru tersebut. Kulit Anda pun dapat mulai menyembuhkan diri karena Anda telah menyingkirkan eksfoliator yang menyebabkan kulit Anda mengalami over eksfoliasi. Usahakan berhenti menggunakan eksfoliator ini sampai kulit Anda kembali seperti semula, setidaknya dua minggu.

Selalu Gunakan Proteksi
Rentannya lapisan kulit baru terhadap paparan sinar UV setelah mengalami over eksfoliasi bisa menimbulkan efek yang lebih buruk ketika tidak melindungi kulit Anda dengan baik. Pastikan selalu gunakan sunscreen setidaknya 15 menit sebelum beraktivitas dan gunakan lagi setiap 3 jam sekali.

Dengan rutin menjaga kulit dari radiasi sinar UV, kulit yang sedang terganggu karena over eksfoliasi tersebut tidak perlu diperparah kondisinya karena SPF siap sedia menangkal sinar UV

Memperbaiki Lapisan Pelindung Alami Kulit
Permasalahan utama dari kulit yang mengalami over eksfoliasi adalah rusaknya pelindung alami kulit yang mampu membentengi lapisan kulit baru dari radikal bebas. Untuk itu, dalam proses mengobati over eksfoliasi, penting bagi Anda untuk menggunakan sabun muka yang bersifat lembut.

Tahapan skin care berikutnya pun penting untuk diperhatikan. Selalu gunakan hydrating toner dan menggunakan serum yang mengandung hyaluronic acid sebagai unsur pengikat air dan menjaga level hidrasi kulit wajah Anda. Pilih moisturizer yang mampu mengunci seluruh tahapan skin care Anda dan mengembalikan kelembapan alami kulit. Saat lapisan pelindung alami kulit tersebut sudah diperbaiki, dehidrasi dan rasa kering yang terjadi di kulit akibat over eksfoliasi akan lebih mudah teratasi.

Hindari Skin Care dengan Kandungan Alkohol
Karena kondisi kulit yang masih rentan, maka harus menghindari alkohol dari kulit wajah yang sedang mengalami over eksfoliasi. Jika memiliki skin care atau makeup yang mengandung alkohol, simpan produk-produk tersebut sampai kulit Anda kembali seperti semula.

Baca Juga : Pentingnya Eksfoliasi Kulit dan Cara Aman Melakukannya

Gantilah produk Anda sementara waktu dengan produk yang lebih ramah dan diperuntukkan bagi kulit sensitif. Hal ini lebih aman bagi kulit Anda karena produk-produk untuk kulit sensitif bersifat lebih lembut, aman, dan dapat menenangkan kulit yang sedang mengalami inflamasi.

Langkah-langkah tersebut merupakan rutinitas yang dapat dilakukan untuk mengobati kulit yang sedang mengalami over eksfoliasi. Namun jika kulit Anda masih mengalami masalah selama lebih dari dua minggu, segera membuat reservasi dengan dermatolog Anda.

Dapatkan Berita terbaru dari kami via Telegram

Komentar