oleh

4 Cara Pilih Jurusan di Perguruan Tinggi Negeri

PortalMadura.Com – Menentukan sebuah perguruan tinggi agar mendapat pendidikan yang terbaik saja tidaklah mudah buka, apalagi memilih sebuah jurusan. Bila salah langkah, mungkin nanti akan menyesal dan membuat tidak akan semangat untuk kulaih.

Nah karena itu agar Anda tidak salah jurusan, berikut cara memilih jurusan di Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Gempur Rokok Ilegal Pemkab Sumenep

BACA : Jelang Liga 3 Jatim 2021, Madura FC Masih Butuh Empat Laga Uji Coba

Ukur Kemampuan Anda
Anda bisa memulai dengan melihat arah minat Anda dengan melihat nilai-nilai di rapor Anda. Dari situ, Anda bisa mengira-ngira mata pelajaran mana yang bernilai bagus, kemudian cocokkan dengan jurusan yang tersedia di PTN incaran Anda.

Pilih yang Anda Sukai
Pada dasarnya, Anda harus yakin bahwa jurusan yang Anda pilih itu memang yang disukai. Jangan sampai di pertengahan kuliah, Anda merasa terbebani dan jadi pindah jurusan, yang membuat Anda harus mengulang dari awal.

Baca Juga: Penyelenggara Pemilu Lakukan Tindak Pidana, Ketua KPU Sumenep : Silakan Tangkap

Tanya Alumni
Bila Anda kenal dengan alumni yang sudah berkuliah di jurusan yang Anda incar, coba deh, tanya seputar jurusan itu. Seperti apa mata kuliahnya, apa saja yang dipelajari, tugasnya seperti apa, dan lain sebagainya.

Dengan demikian, Anda jadi punya bayangan atau gambaran mengenai jurusan yang dituju. Jika sudah punya banyak informasi, bisa dijamin Anda jadi makin yakin, harus memilih jurusan apa saat kuliah nanti.

Akreditasi
Anda wajib cari tahu akreditasi dari sebuah kampus dan jurusan yang akan dipilih. Ini juga akan berpengaruh pada kualitas belajar Anda di sana. Tentunya, semakin tingginya akreditasi, akan semakin memperketat persaingan di dalamnya dan kualitas dalam pembelajarannya.

Anda bisa mulai melakukan pencarian info mengenai jurusan terkait di universitas yang Anda inginkan, Pikirkan dengan baik apakah Anda akan mampu dalam menjalani jurusan tersebut di masa perkuliahan nantinya atau tidak.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda coba agar tidak salah langkah dalam memilih sebuah perguruan tinggi. Semoga bermanfaat.

Dapatkan Berita terbaru dari kami via Telegram

Komentar