Cara Atasi Anak Agar Mau Tidur Siang

Avatar of PortalMadura.com
Cara Atasi Anak Agar Mau Tidur Siang
Ilustrasi (jatimnet.com)

PortalMadura.Com – Beberapa anak mungkin akan berhenti tepat setelah tahun pertama mereka. Namun, anak-anak lain terus membutuhkan siang hingga tahun-tahun awal sekolah. Jika Anda menemukan bahwa anak terus menunda waktu tidur atau anak mengalami kesulitan tidur malam, bisa jadi masalah tidur siang mereka.

Selama tidur, sistem imun tubuh anak juga memproduksi protein sitokin yang berguna melawan infeksi, penyakit, dan stres. Semakin anak jarang tidur, jumlah sitokin dalam tubuh tidak akan mencukupi sehingga anak jadi lebih rentan sakit. Jadi tidur siang itu sangat penting untuk perkembangan anak.

Dilansir dari laman Hellosehat.Com, Kamis (13/8/2020), berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan orang tua untuk membantu anak tidur siang.

Ajak Anak Tidur Setelah Makan Siang

Biasanya setelah makan pasti merasa ngantuk. Anak-anak pun juga seperti itu. Gunakanlah kesempatan itu untuk mengajak anak tidur siang. Buatlah ruang tidur yang nyaman untuk anak agar cepat tidur. Misalnya hidupkan AC atau kipas agar anak tidak kepanasan, matikan televisi, matikan lampu kamar.

Jadwalkan Waktu Tidur Siang Setiap Hari

Sebisa mungkin jadwalkan waktu tidur dan bangun tidur siang pada waktu yang sama setiap hari, bahkan di hari liburnya sekalipun. Jadwal tidur yang teratur setiap harinya, tubuh anak menjadi lebih ringan karena hormon kortisol yang dilepaskan lebih teratur.

Hormon kortisol yang selalu stabil memberinya energi lebih besar dan tahan lama untuk beraktivitas selanjutnya. Tidur siang mungkin membuat anak jadi lebih sulit tidur nyenyak di malam hari. Jadi Anda mungkin harus memajukan jadwalnya dan batasi lama waktu tidur siang sekitar 20-30 menit setiap hari.

Misalnya anak sudah pulang sekolah pukul 12 siang, berikan slot 1 jam untuknya makan siang dan membersihkan diri. Setelah itu Anda bisa jadwalkan anak tidur siang pukul 13.15 dan bangunkan pada pukul 13.45 siang.

Jika anak sudah terbiasa tidur di waktu yang sama, tubuhnya pun akan otomatis ikut membiasakan diri sehingga Anda tidak perlu repot-repot lagi membujuk anak tidur siang.

Ajarkan Anak untuk Bisa

Jangan memaksa anak untuk tidur, hal itu membuat mereka pura-pura tidur dan lanjut bermain sendiri di kamarnya ketika Anda meninggalkannya. Anda harus melatih anak untuk bisa tidur sendiri tanpa harus dibujuk. Jika anak mulai ngantuk, ajaklah anak ke tempat tidur dan biarkan anak sampai tidur sendiri.

Jelaskan Bahwa Anak Bisa Meneruskan Bermain Setelah Tidur Siang

Ketika sedang asyik bermain bersama temannya, biasanya ia akan sulit untuk diajak tidur siang. Bagaimanapun ia harus tidur siang untuk menjaga kesehatannya. Jika ia bermain di luar rumah, ajaklah untuk pulang. Beri pengertian bahwa teman bermainnya pun juga harus tidur siang. Cobalah menjelaskan ke anak bahwa ia bisa melanjutkan nonton TV atau bermain lagi setelah tidur siang.

Jika anak tetap menolak tidur siang, sebaiknya jangan dimarahi atau dipaksa. Tinggalkanlah ia dengan beberapa mainan atau buku dan berikan ia waktu untuk menenangkan diri. Setidaknya, cara ini bisa menghemat energinya dan membuatnya sedikit beristirahat.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.