oleh

4 Cara Rawat Pelek Motor

PortalMadura.Com – Pelek motor merupakan salah satu komponen penting yang perlu dirawat secara teratur. Karena hal ini akan berdampak pada ketahanan pelek dan performa motor.

Nah, untuk mempermudah merawat pelek kendaraan agar tetap baik, ini beberapa caranya. Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman liputan6.com yang dikutip dari Federal Oil. Berikut penjelasannya:

Merawat Ban

Sebagai komponen yang melekat bersama pelek, ban juga perlu dirawat, karena bisa mempengaruhi performa komponen ini. Caranya, Anda perlu mengatur jumlah tekanan udara ban dalam kurun waktu tertentu, terutama ketika akan berkendara.

Ketahanan ban dapat diukur dengan tekanan udara yang stabil, tidak kempes, dan tidak terlalu keras atau sesuai dengan rekomendasi pabrik. Saat berhadapan dengan jalan berlubang, ban yang terlalu keras akan mengalihkan tumpuannya pada pelek. Hasilnya, pelek bisa saja peyang.

Ketika dalam kondisi kempes, ban motor bisa langsung bocor atau pecah. Apalagi jika menghantam lubang dengan kecepatan yang tinggi, ini juga akan mengakibatkan pelek motor menjadi peyang.

Selain itu, Anda bisa berkonsultasi dengan bengkel motor terdekat terkait cara merawat ban. Demikian juga saat mengganti maupun menambal ban. Perlu teknik yang tepat agar cat pelek yang cantik tidak tergores.

Cara Berkendara

Hal penting lain yang perlu diperhatikan yaitu cara berkendara. Meskipun pelek kendaraan baru diganti, namun cara berkendara Anda ugal-ugalan, pelek akan cepat peyang. Fokuslah dalam berkendara dan sebisa mungkin menghindari jalan berlubang.

Melakukan Pengecatan Pelek

Melihat kondisi pelek yang mulai usang, Anda bisa mengecat kembali komponen ini agar terlihat menarik kembali. Selain mengecat sendiri, pemilik juga bisa mendatangi dealer resmi atau bengkel aksesoris.

Menggunakan Pelek Sesuai Ukuran Ban

Lagi-lagi, ban begitu mempengaruhi pelek. Dalam hal ini, pastikan Anda menggunakan ukuran ban yang sesuai dengan pelek dan sebaliknya.

Terakhir, lakukan perawatan mencuci kendaraan secara rutin. Hal ini terbukti menjaga performa sepeda motor. Selain itu, press pelek motor dapat dilakukan untuk memperbaiki bentuknya.

Rewriter : Desy Wulandari
Sumber : Liputan6.Com
Tirto.ID
Loading...

Komentar