4 Cara Redakan Sakit Kepala Tanpa Harus Batalkan Puasa

Avatar of PortalMadura.com
4 Cara Redakan Sakit Kepala Tanpa Harus Batalkan Puasa
ilustrasi

PortalMadura.Com – Saat puasa tiba-tiba merasakan sakit kepala tentu sangat mengganggu, terlebih sakit kepala bertahan dalam waktu yang lama. Padahal, saat berpuasa sebagian orang ingin meluangkan banyak waktu untuk ibadah, seperti salat dan mengaji.

Akan tetapi, bila sakit kepala menyerang, tentu konsentrasi saat melakukan keduanya bakal terganggu. Untuk itu, Anda perlu mengetahui beberapa cara meredakan sakit kepala saat puasa tanpa harus membatalkan puasa. Anda penasaran?.

Berikut ini empat cara meredakan sakit kepala tanpa harus membatalkan puasa:

Kompres Kepala dengan Air Dingin
Mengompres kepala dengan air dingin ternyata ampuh meredakan sakit kepala. Pertama-tama, rendam handuk ke dalam air dingin. Lalu, peras dan tempelkan handuk basah di bagian kepala yang sakit.

Cara lainnya, Anda bisa menaruh es batu dalam handuk kering dan menempelkannya ke kepala. Menurut seorang dokter saraf dari Michigan Headache Clinic, dr. Edmund Messina, kompres dingin bisa membantu meredakan peradangan saraf atau pembuluh darah dalam otak.

Baca Juga: Resep Teh Herbal untuk Atasi Sakit Kepala Akibat Stres

Rendam Kaki di Air Hangat
Air hangat terbukti dapat membantu relaksasi otot-otot. Rendam kaki sambil duduk di kursi, sementara di bagian leher taruh bantal penyangga dan rebahan selama 5-10 menit. Jangan lupa pejamkan mata agar lebih rileks. Usai direndam, sesekali lakukan pijatan di telapak kaki dan sekitar kening untuk meringankan pusing saat puasa.

Pijat Ringan
Memijat kepala yang sakit dengan pijatan ringan bisa juga menjadi pilihan. Lakukan pijatan dari arah belakang telinga ke kening. Pijat juga di dua titik di atas mata ke arah alis untuk meredakan ketegangan di kepala. Dengan pijatan, Anda meminimalisir mengonsumsi obat untuk redakan pusing saat puasa.

Hindari Cahaya Silau
Cahaya yang terlalu silau ternyata bisa menyebabkan sakit kepala ketika sedang berpuasa. Misalnya, ketika terlalu lama menatap layar komputer ataupun handphone bisa menyebabkan sakit kepala. Batasi melihat cahaya silau bisa jadi solusi meredakan sakit kepala.

Namun, jika menatap layar karena tuntutan pekerjaan, Anda bisa sesekali berjalan-jalan mencari udara segar agar mata istirahat. Bisa juga menutup tirai jendela untuk meredam cahaya silau matahari dari luar. Selamat mencoba!

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.