4 Cara Remajakan Kulit Secara Alami Agar Tetap Sehat

Avatar of PortalMadura.com
4 Cara Remajakan Kulit Secara Alami
4 Cara Remajakan Kulit Secara Alami

PortalMadura.Com – Mayoritas wanita mengidamkan memiliki kulit yang cantik dan terlihat fresh. Sayangnya, seiring berjalannya usia, akan muncul tanda-tanda penuaan pada kulit. Seperti timbulnya kerutan dan munculnya garis halus pada wajah.

Skin aging atau penuaan kulit bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti produksi kolagen yang menurun yang diakibatkan oleh bertambahnya usia dan menyebabkan hilangnya elastisitas serta kekenyalan pada kulit wajah. Selain itu, terdapat faktor luar seperti polusi udara, paparan sinar UV (Ultra Violet) yang berlebihan, merokok, sampai mengonsumsi alkohol.

Tidak heran, jika banyak wanita yang melakukan berbagai macam treatment untuk menjaga kulit tetap tampak segar dan awet muda, mulai dari menggunakan beragam produk kecantikan hingga mengunjungi klinik kecantikan. Namun, ada beberapa cara alami yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kulit tetap sehat.

4 Cara Secara Alami

Berikut ini empat cara meremajakan kulit secara sehat dan alami dari ahli kulit dan kelamin, dr Kardiana Purnama Dewi, SpKK:

Minum Air Putih

Minum lebih banyak air dapat membantu kulit tetap terhidrasi dengan baik serta mampu menyingkirkan racun dalam tubuh sehingga penampilan terlihat lebih segar. Selain itu, kulit yang terhidrasi dengan baik dapat mempercepat regenerasi sehingga terhindar dari tanda-tanda penuaan dini.

Tidur yang Cukup

Sebuah penelitian tahun 2013 oleh profesor dermatologi Case Western Reserve University School of Medicine, menemukan kekurangan waktu tidur dapat menyebabkan penuaan dini, warna kulit tidak rata, dan munculnya kerut-kerut halus.

Saat tidur, tubuh memproduksi antioksidan secara alami. Antioksidan dalam tubuh mampu membantu menstabilkan beberapa molekul radikal bebas yang berkembang di dalam jaringan kulit, membentuk kolagen alami, dan memproduksi elastin agar kulit tetap kenyal.

Daripada mengonsumsi suplemen atau jenis obat-obatan yang mengandung antioksidan, ada baiknya untuk tidur yang cukup selama 6-8 jam sehari.

Olahraga

Selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh, olahraga ternyata mampu mempercepat regenerasi kulit sehingga tidak terjadi penumpukan sel kulit mati yang menyebabkan wajah terlihat lebih kusam. Berolahraga rutin dapat menjaga keremajaan kulit sehingga wajah tetap terlihat cantik dan segar.

Kurangi Makanan dan Minuman yang Manis

Kandungan glukosa yang berlebihan pada makanan atau minuman dapat memicu penuaan pada kulit. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Leiden Longevity Study Group pada 2013 menunjukkan, peningkatan kadar gula darah pada orang yang berumur antara 50 sampai 70 tahun dapat membuat mereka terlihat 5 sampai 7 bulan lebih tua. Tentunya, membatasi jumlah konsumsi gula dapat bermanfaat bagi peremajaan kulit.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.