oleh

4 Cara yang Benar Buat Rempeyek Agar Renyah untuk Hidangan Lebaran

PortalMadura.Com – Salah satu kudapan yang memiliki tekstur renyah dengan rasa gurih dan kerap disajikan di momen lebaran, yaitu rempeyek. Selain jadi camilan, rempeyek biasanya juga sebagai makanan pendamping.

Akan tetapi tahukah Anda, membuat rempeyek terbilang gampang-gampang susah, mengapa?. Karena saat adonan yang dibuat dan digoreng tidak tepat, dapat membuat rempeyek memiliki tekstur yang lebih keras.
Lalu, bagaimana cara jitu untuk membuat rempeyek yang renyah?.

Berikut empat cara yang wajib diperhatikan agar rempeyek menjadi renyah:

Pilih Bahan Berkualitas
Yang wajib diperhatikan adalah pemilihan bahan untuk membuat rempeyek. Pastikan bahannya berkualitas baik seperti tepung beras, sedikit tepung tapioka, kacang tanah atau udang rebon, ketumbar, irisan daun jeruk purut, garam, santan kelapa, bawang putih dan dapat menambahkan telur jika menyukainya.

Proses Penggorengan
Saat menggoreng rempeyek, gunakan api sedang. Lalu, masukan adonan ke wajan ketika minyak benar-benar panas. Tuangkan adonan dengan sendok sayur di tepi wajan tepatnya di atas batas minyak dan buat lebar. Hindari pula menuang adonan dalam minyak langsung. Hal tersebut dapat membuat rempeyek menggumpal. Supaya matang merata, balik rempeyek saat bagian bawahnya sudah kering.

Loading...

Baca Juga: Resep Rempeyek Kacang yang Gurih dan Renyah

Proses Mencampur Bahan
Tidak kalah penting adalah memastikan mencampur bahan dengan benar. Campur tepung dengan bumbu yang telah dihaluskan lalu tambahkan sedikit demi sedikit air hingga adonan cukup encer. Kemudian, aduk semua bahan tambahkan irisan daun jeruk dan isian rempeyek yang terdiri atas kacang kedelai, udang rebon, atau kacang tanah.

Menyimpan Rempeyek
Setelah digoreng dan matang, ada baiknya menyimpan rempeyek hingga benar-benar tiris. Biarkan hingga dingin lalu simpan dalam toples atau wadah yang tertutup rapat. Cara ini untuk membuatnya tahan lama dan bebas dari bau tengik. Jangan lupa untuk melapisi bawah toples dengan tisu agar minyak yang tersisa dapat meresap ke tisu dan rempeyek benar-benar tiris.


Rewriter : Salimah
Sumber : liputan6.com

Berita PortalMadura Aplikasi Android PortalMadura
Loading...

Komentar