oleh

4 Cara yang Benar Cukur Bulu Agar Tak Berujung Iritasi

PortalMadura.Com – Hampir semua orang ditumbuhi bulu pada bagian tubuhnya. Entah bulu itu lebat atau tipis, banyak orang yang merasa tidak percaya diri jika bulu tersebut dibiarkan begitu saja.

Tidak heran, untuk menghilangkannya, mereka mencukur bulu tersebut secara rutin untuk memaksimalkan penampilannya. Bagian yang sering dicukur itu yaitu kaki, ketiak, dan wajah.

Tapi, saat mencukur, Anda perlu memerhatikan beberapa hal agar tidak berbahaya pada kulit yang Anda cukur. Maksudnya, apabila Anda melakukannya dengan sembarangan, bukan tidak mungkin akan membuat kulit menjadi iritasi dan sensitif.

Jadi, sebelum Anda mencukur bulu, para dermatologis memberikan pertimbangan agar terhindar dari permasalahan kulit iritasi dan sensitif, seperti dilansir Fimela.com, yang dikutip dari Elite Daily berikut ini:

Waktu yang Tepat untuk Mencukur

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan yaitu dengan memerhatikan waktu yang tepat untuk mencukur. Jika sebelumnya Anda mencukur bulu sesuai keinginan hati Anda, tapi dermatologi menyarankan agar mencukur bulu dijadikan tahap akhir dalam rutinitias mandi.

Apalagi menggunakan air hangat, hal itu akan membuat bulu bertekstur lebih lembut sehingga meminimalisir tekanan. Namun jika Anda suka mandi dengan air dingin, lebih baik mencukur bulu sebelum mandi

Loading...

Seberapa Sering Mencukur Bulu

Mencukur bulu memang akan memberikan tampilan kulit yang mulus. Namun jangan sampai Anda tergila-gila untuk mencukur bulu. Pertimbangkan kembali seberapa sering Anda harus mencukur bulu dalam keseluruhan rutinitas.

Baca Juga : Wanita, Ini 5 Cara Aman Cukur Kumis dan Bulu di Wajah

Ini tergantung pada siklus pertumbuhan bulu pada setiap orang. Bisa tiga minggu sekali untuk area bikini, dua hari sekali untuk di bawah ketiak, dan dua hingga tiga hari sekali untuk kaki.

Perlengkapan Mencukur yang Tepat

Sebelum mencukur bulu, Anda disarankan melakukan eksfoliasi terlebih dahulu. Hal ini untuk mencegah kulit mati yang merusak alat cukur.

Kemudian pilih jenis pencukur bulu yang memiliki bar pelembab di bagian atas dan bawah pisau. Perhatikan juga kualitas pisaunya agar tidak melukai kulit.

Tidak Cukup Hanya Mencukur

Langkah terakhir yaitu jangan mengolesi produk terlalu berat setelah mencukur bulu, ketika pori-pori sangat terbuka ia menjadi sangat rentan.

Jadi, gunakan pelembap yang kandungannya sesuai dengan tubuh dan wajah saja. Bisa juga aplikasikan hidrator seperti asam hialuronat dan vitamin B5 atau pelindung kulit.


Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : fimela.com


Berita PortalMadura
Loading...
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE