Wanita, Ini 5 Cara Aman Cukur Kumis dan Bulu di Wajah

Avatar of PortalMadura.com
Wanita, Ini 5 Cara Aman Cukur Kumis dan Bulu di Wajah
Ilustrasi (hariangadis.com)

PortalMadura.Com – Tubuh yang ditumbuhi bulu-bulu halus menjadi suatu hal yang wajar terjadi bagi siapa saja, baik laki-laki atau perempuan. Tapi, sebagian orang merasa kurang nyaman ketika kehadiran bulu itu di wajah, terutama wanita.

Mungkin kaum pria sudah terbiasa atau menguasai teknik mencukur ketika mulai panjang. Sedangkan wanita biasanya sering mencukur bulu di bagian kaki atau ketiak tanpa cacat. Jika sudah merasa ribet mereka justru memilih menggunakan waxing.

Padahal, mencukur wajah malah justru membawa hasil yang jauh lebih baik dibandingkan dengan waxing. Sebagaimana yang diungkapkan oleh seorang dokter kulit di New York, Dendy Engelman, MD mengatakan, bahwa waxing bahkan lebih buruk daripada mencukur ketika datang ke bulu-bulu di wajah. Mengejutkan, bukan?.

“Waxing mengganggu epidermis superfisial ketika rambut ditarik dari folikel. Ketika kulit tumbuh kembali, ia dapat tumbuh di atas pembukaan folikel dan menyebabkan rambut tumbuh ke dalam,” jelasnya.

Jika Anda melakukannya dengan benar, mencukur wajah akan membuat Anda memiliki kulit halus dan bebas rambut. Jadi tunggu apa lagi?. Meskipun mencukur wajah Anda mungkin terdengar menakutkan, ini bisa menjadi langkah kecantikan terbaik untuk Anda.

Berikut 5 cara mencukur bulu yang aman di wajah:

Pilih Pisau Cukur yang Tepat
Ketika memilih pisau cukur yang tepat untuk wajah, jangan meraih benda yang sama dengan yang Anda gunakan pada kaki Anda. Sebaliknya, Dr. Dendy mengatakan untuk mengambil alat cukur lain yang belum pernah Anda gunakan sebelumnya.

Pastikan Kulit Anda Lembap
Jika kulit tidak lembap sebelum bercukur, Anda mungkin akan mengalami iritasi yang disertai kemerahan di wajah. Kuncinya adalah melembap kan kulit Anda sebelum mencukur untuk melembutkan rambut dan folikel rambut. Temukan krim cukur berbasis emolien yang ketika diaplikasikan pada kulit, melembutkan rambut dan folikel sehingga ketika pisau cukur melintasi kulit, iritasinya tidak terlalu banyak.

Lakukan Eksfoliasi Terlebih Dahulu
Untuk memastikan kulit dalam kondisi prima, sebaiknya Anda lakukan dulu eksfoliasi wajah untuk menghilangkan benjolan dan mengurangi kulit banyak yang terkelupas. Eksfoliasi terhadap beberapa area di wajah dapat memastikan rambut bisa keluar dengan bersih.

Baca Juga : Ini Dia 5 Cara Ampuh dan Aman Hilangkan Kumis pada Wanita

Cukur ke Arah yang Sama dengan Pertumbuhan Rambut
Untuk memastikan kulit Anda tidak teriritasi, selalu mencukur ke arah yang sama dengan pertumbuhan rambut. Mencukur ke arah yang berlawananan memang memberi Anda pencukuran yang lebih efisien, tetapi ujung rambut yang tumpul dapat tumbuh kembali ke dalam kulit, daripada muncul di permukaan kulit.

Melembapkan Kembali Kulit Setelah Mencukur
Kulit akan terasa halus seperti sutra setelah Anda selesai bercukur, tetapi jangan lupa bagian yang paling penting: pelembap. Dengan begitu, kulit Anda akan halus dan bercahaya sampai tiba saatnya untuk mengeluarkan pisau cukur kembali.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.