4 Ciri Munafik Sejati yang Perlu Anda Ketahui

Avatar of PortalMadura.Com
4 Ciri Munafik Sejati yang Perlu Anda Ketahui
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Salah satu sifat yang yang harus dijauhi oleh umat muslim adalah . Perlu diingat bahwa Allah sangat membenci orang munafik. Maka dari itu, sebisa mungkin kita harus jauhi sifat maupun orang munafik agar kita selamat dari siksa api neraka kelak. Sebelum itu, tahukah Anda ciri- itu? Berikut adalah ciri-ciri orang munafik yang perlu Anda ketahui.

Seseorang yang mempunyai sifat munafik bisa kita lihat dari ciri-cirinya, seperti sabda Rasulullah SAW,

Dari Abdullah bin Amr RA, dia berkata, “Rasulullah SAW bersabda, ‘Barangsiapa tertanam dalam dirinya empat hal, maka ia benar-benar seorang munafik sejati, dan barangsiapa dalam dirinya terdapat salah satu dari empat hal, maka dalam dirinya tertanam satu kemunafikan sehingga ia meninggalkannya, (yaitu) (1) Apabila berbicara ia berdusta (2) Apabila membuat kesepakatan ia mengkhianati (3) Apabila berjanji ia mengingkari (4) Apabila berdebat ia tidak jujur.' Namun di dalam hadits Sufyan disebutkan, ‘Barangsiapa dalam dirinya terdapat salah satu dari empat hal ini maka di dalam dirinya terdapat salah satu ciri kemunafikan'.” (HR. Muslim)

Dari hadis tersebut jelas bahwa ciri-ciri orang munafik sejati yakni;
1. Orang yang apabila ia berbicara berdusta,

2. Orang yang apabila membuat kesepakatan ia mengkhianati,

3. Orang yang apabila berjanji ia mengingkari,

4. Orang yang apabila berdebat ia tidaklah jujur.

Dengan ciri-ciri munafik tersebut, sudah seharusnya kita berhati-hati dalam bersikap. Karena bisa jadi, selama ini kita mempunyai satu di antara sifat munafik tersebut, Semoga kita senantiasa dijauhkan dari sifat munafik sejati, Amin. Semoga informasi di atas bermanfaat. (islampos.com/Nanik)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.