4 Faktor Baterai Handphone Cepat Habis

Avatar of PortalMadura.com
4 Faktor Baterai Handphone Cepat Habis
ilustrasi (tribunnews.com/HelloGiggles)

PortalMadura.Com – Pada dasarnya, permasalahan daya baterai handphone yang cepat habis tidak selalu diakibatkan dari kerusakan baterai, namun juga dari gaya penggunaan ponsel. Permasalahan seperti ini tentu membuat aktivitas jadi terhambat karena terlalu sering mengisi daya.

Sebenarnya tidak hanya dari pola pemakaian saja, spesifikasi baterai juga memengaruhi daya tahan baterai ponsel. Untuk itu, supaya pengguna dapat menghemat daya, gunakan ponsel dengan bijak, seperti menutup aplikasi yang tidak digunakan dan mengurangi durasi layar aktif.

Nah, berikut ini empat hal yang tanpa pengguna sadari dapat membuat daya baterai handphone cepat habis, seperti dikutip PortalMadura.Com, Rabu (10/6/2020) dari laman Detik.com:

Kecerahan Layar

Semakin terang cahaya layar, daya baterai yang digunakan kian besar. Agar baterai lebih awet, gunakan kecerahan layar yang rendah, tapi dalam batas nyaman untuk mata. Menggunakan wallpaper berwarna gelap juga membuat baterai bisa bertahan lebih lama, karena meminimalisir cahaya yang ditampilkan.

Aplikasi di Background

Meskipun layar mati, beberapa aplikasi tetap memperbarui datanya. Hal ini membuat baterai terkuras, sebab sistem terus bekerja menjalankan aplikasi. Agar tidak terlalu boros baterai, matikan mode aktif di latar belakang pada aplikasi yang tidak terlalu dibutuhkan.

Pada aplikasi yang rutin dibuka seperti aplikasi chatting dan sosial media biarkan berjalan di latar belakang agar tetap menerima notifikasi pesan.

Baca Juga: 5 Cara Supaya Baterai Smartphone Lebih Awet

GPS Aktif

GPS secara berkala meng-update posisi terkini ponsel, melalui koneksi internet. Menjalankan sistem GPS dan koneksi internet membuat baterai semakin terkuras. Oleh sebab itu, matikan GPS jika tidak dibutuhkan dan matikan setelan GPS pada aplikasi tertentu yang tidak butuh pembaruan lokasi.

Koneksi Internet

Ketika sambungan data atau Wi-Fi aktif, ponsel akan menerima sinyal internet dan memperbarui data dari sejumlah aplikasi. Aplikasi pun tetap berjalan di balik layar, sehingga menyedot daya baterai terus-menerus.

Untuk menghemat daya, matikan internet atau aktifkan mode pesawat agar ponsel bisa beristirahat sejenak, sehingga daya baterai menjadi awet. Hal itu dapat dilakukan di saat tidak ada aktivitas menggunakan ponsel, seperti ketika tidur di malam hari.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.