4 Hak Anak Sebelum Dilahirkan Menurut Islam yang Perlu Anda Ketahui

Avatar of PortalMadura.Com
4 Hak Anak Sebelum Dilahirkan Menurut Islam yang Perlu Anda Ketahui
ilustrasi

PortalMadura.Com merupakan suatu anugrah yang diberikan Allah SWT untuk dijaga terutama hak-haknya. Sebab, Anak merupakan penerus bangsa. Dalam islam, anak memiliki dua hak, yakni hak sebelum ia dilahirkan dan setelah dilahirkan. Berikut adalah beberapa sebelum dilahirkan yang perlu Anda ketahui.

Memiliki Orang Tua yang Saleh dan Salehah
Tidak dapat dipungkiri bahwa setiap anak itu tidak dapat memilih untuk menjadi anaknya siapa mau anak dari orang konglemerat, tukang tambal ban atau siapapun. Tetapi ia memiliki hak untuk menjadi seorang anak dari orang tua yang baik, sehingga mereka mampu mengarahkannya menjadi orang baik juga.

Oleh karena itu, sebelum menikah hendaknya para pria atau wanita yang menjadi calon suami dan istri, atau calon ayah dan ibu untuk memperbaiki diri menjadi orang yang baik bahkan kalau bisa menjadi lebih baik. Selain itu, hendaknya ia memilih pasangan yang baik pula. Rasulullah SAW bersabda,

Pandai-pandailah memilih untuk tempat sperma kalian, nikahilah wanita-wanita yang setara, nikahilah mereka. (HR. Ibnu Majah dari Aisyah ra.)

Abu Hurairah juga meriwayatkan hadis Nabi SAW, bahwa hendaknya seorang laki-laki memilih wanita yang baik agamanya. Maka, hadis ini pun mengindikasikan bagi wanita juga hendaknya memilih calon suami yang baik agamanya.

Dari Abu Hurairah ra. dari Nabi Saw. beliau bersabda: wanita itu dinikahi karena empat hal, hartanya, keturunannya, kecantikannya, dan karena agamanya. Maka pilihlah karena agamanya, niscaya kamu akan beruntung. (HR. Al Bukhari, Muslim, Abu Daud, Al Nasai, Ibnu Majah dan Ahmad bin Hanbal).

Orangtuanya Berusaha Untuk Mengikuti Sunnah-sunnah Rasulullah SAW.
Perlu diketahui, ketika hendak berhubungan badan dianjurkan berdoa terlebih dahulu. Sebagaimana hadis Rasulullah SAW,

Dengan menyebut Nama Allah, Wahai Allah jauhilah kami dari setan, dan jauhkanlah apa yang engkau rezekikan kepada kami dari setan. “Sungguh jika ditakdirkan diantara keduanya seorang anak, maka setan tidak akan membahayakannya selamanya.” (HR. Al Bukhari, dari Ibnu Abbas).

Doa Orang tua Untuknya Agar Dilahirkan Menjadi Anak yang Saleh atau Salehah
Hal ini berdasarkan ayat-ayat suci Alquran yang banyak sekali memuat doa-doa para nabi agar dikaruniai anak yang saleh. Di antaranya,

Dan orang orang yang berkata: “Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami istri-istri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa. (QS. Al Furqan: 47).

Di sanalah Zakariya berdoa kepada Tuhannya seraya berkata: “Ya Tuhanku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa”. (Ali Imran: 38).

Dijaga Saat Berada di Dalam Kandungan
Hendaknya ketika anak itu berada di dalam kandungan ibunya, ia dijaga dengan baik. Hindari dari segala bentuk perkataan cacian atau hal-hal yang tidak baik. Sehingga jangan sampai sang ibu, bapak atau keluarga dan orang lain mencela sang bayi yang masih ada di dalam kandungan. Anak memiliki hak untuk didoakan kebaikan bukan keburukan.

Selain itu, hendaknya sang ibu berusaha untuk menjaga badannya agar selalu sehat, dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat.
Bila tidak demikian, maka hal tersebut dapat mempengaruhi kondisi kesehatan anak di dalam kandungan. Padahal Nabi Saw, bersabda:

Janganlah membahayakan diri sendiri dan jangan membahayakan orang lain. (HR. Ibnu Majah)

Demikian beberapa hak anak sebelum dilahirkan menurut perspektif Islam. Semoga informasi di atas bermanfaat. (bincangsyariah.com/Nanik)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.