oleh

4 Hal Penyebab Perut Bayi Mudah Kembung

PortalMadura.Com – Setiap orang pasti pernah merasakan kembung termasuk bayi sekalipun pernah mengalami kembung. Bagi Anda yang memiliki bayi maka Anda harus peka atas apa yang dirasakan oleh bayi tersebut. Jika bayi mengalami kembung, dia kan merasa tidak nyaman. Biasanya bayi tersebut akan menggeliat dan menangis karena perut dipenuhi oleh gas.

Anda harus mengetahui kenapa bayi cepat kembung? Banyak orang tua yang tidak menyadari bayinya kembung. Oleh karena itu Anda harus tahu kenapa bayi cepat kembung. Berikut beberapa faktor penyebab bayi mudah kembung dilansir dari laman Popmama.Com, Kamis (7/1/2021).

Selamat Ibadah Puasa

Kurang Bersendawa

Proses pencernaan menghasilkan gas yang harus dikeluarkan. Cara mengeluarkan gas ini dengan bersendawa. Oleh karena itu para orang tua khususnya ibu harus tahu cara agar bayi bersendawa setelah makan.

Bayi Tidak Mampu Mencerna Dengan Baik

Sistem pencernaan bayi masih belum sempurna sehingga terkadang bayi belum bisa mencerna makanan dengan baik. Hal inilah yang membuat bayi cepat kembung. Apalagi Anda memberikan bayi susu formula sehingga ini akan menyebabkan bayi mudah kembung. Sebelum Anda memberikan susu formula sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter Anda.

Terlalu Banyak Porsi Makan

Bayi memiliki lambung yang masih kecil sehingga tidak memerlukan banyak porsi makan. Apabila bayi terlalu banyak porsi makannya akan menyebabkan bayi mudah kembung. Karena semakin banyak makanan diperut yang harus dicerna maka semakin banyak pula jumlah gas yang dihasilkan. Sebaiknya berikan bayi makanan dalam jumlah yang sedikit namun sering. Ini bertujuan untuk mengurangi produksi gas dalam sistem pencernaan.

Bayi Mengalami Kolik

Kolik merupakan sakit perut pada bayi biasanya sering dialami bagi bayi yang berusia kurang dari empat bulan. Ini kemungkinan terjadi saat bayi menangis dan menghirup udara lebih banyak.

Rewriter : Lisa Mana L
Sumber : popmama.com

Komentar