4 Hal yang Bisa Bunda Ajarkan Untuk Bangun Karakter Anak di Bulan Ramadan

Avatar of PortalMadura.com
4 Hal yang Bisa Bunda Ajarkan Untuk Bangun Karakter Anak di Bulan Ramadan
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Bulan Ramadan menjadi satu momen yang tepat untuk membangun karakter dan mananamkan nilai-nilai positif pada anak. Peran orang tua sangat dibutuhkan untuk melatih dan mencintai bulan yang penuh berkah ini. Sehingga anak mengisinya dengan kegiatan yang positif.

Beberapa hal-hal sederhana bisa membantu proses penbentukan di bulan puasa ini yang tentu saja dengan pengarahan dn bimbingan orang tua. Lantas hal apa saja yang bisa orang tua ajarkan?

Berikut ulasannya:

Berbagi
Memperbanyak sedekah dan berbagi kepada sesama bisa Anda maksimalkan di bulan Ramadan. Menyisihkan sebagian uang saku untuk didonasikan bisa jadi salah satu caranya. Membantu anak mengumpulkan pakaian-pakaian yang masih bagus tapi sudah tidak terpakai untuk diberikan pada yang lebih membutuhkan juga bisa dilakukan. Membuat takjil bersama untuk kemudian dibagikan ke para tetangga bisa jadi cara sederhana untuk menanamkan indahnya berbagi.

Empati
Rasa lapar dan haus yang Anda rasakan bisa jadi cara Anda membangun empati. Anda jadi tahu bagaimana rasanya orang-orang di sekitar Anda yang mungkin sering kelaparan karena tidak punya cukup uang untuk makan. Saat anak merasa tidak kuat puasa, Anda bisa memberitahunya bahwa ada banyak orang kurang beruntung yang juga merasakan rasa lapar atau bahkan lebih lapar dari yang dirasakan anak. Anda juga bisa mengajari anak untuk lebih banyak bersyukur dengan semua makanan dan rezeki yang dimiliki saat ini.

Baca Juga: Laga Perdana, Pesta Gol ke Gawang Persela

Kejujuran
Ada penelitian tentang dampak membacakan kisah-kisah teladan tentang nilai kejujuran pada anak. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa anak-anak lebih termotivasi dengan karakter yang mendapat kebaikan dari kejujurannya daripada karakter yang mendapat hukuman dari ketidakjujurannya. Anda bisa membantu anak untuk jadi pribadi yang jujur dengan membacakan kisah-kisah teladan. Dalam ibadah puasa pun Anda bisa mengarahkan anak untuk bisa belajar jujur dengan puasanya.

Kesabaran
Berat memang melihat perjuangan anak menahan lapar dan haus saat puasa. Tapi dari sini Anda bisa membantu anak belajar untuk lebih bersabar. Belajar untuk bisa mengendalikan dirinya. Mengajarkan bahwa kesabaran bisa memberi kebahagiaan dan keberkahan. Contohnya saat waktu berbuka tiba, Anda bisa mengarahkan anak untuk bersyukur dengan semua yang dipunya dan merasakan nikmatnya makan setelah seharian puasa.

Sebenarnya ada banyak nilai positif yang bisa Anda ajarkan pada bulan Ramadan. Yang tidak kalah penting yaitu Anda juga perlu jadi panutan atau role model yang baik untuk anak selama bulan Ramadan, ya. Sebab akan sulit untuk membangun karakter positif pada anak bila Anda sendiri tidak mencerminkan karakter positif itu sendiri pada diri Anda.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.