Lapar Mata Saat Puasa? Ini 6 Cara Mengatasinya

Avatar of PortalMadura.com
Lapar Mata Saat Puasa? Ini 6 Cara Mengatasinya
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Bulan Ramadan semua umat Islam merasakan lapar dan haus karena berpuasa. Hal itu wajar dirasakan apalagi ketika hari menjelang siang. Sehingga, bukan hanya lapar perut yang dirasa tapi juga .

Banyaknya penjual makanan berbuka dan sahur menjadikan Anda tergiur untuk membelinya, padahal belum tentu semua makanan yang dibeli akan dimakan semua.
Sehingga akan dibuang atau mubazir. Lantas bagaimana caranya untuk atasi lapar mata?

Berikut ulasannya:

Melakukan Kegiatan Bermanfaat
Puasa jangan dijadikan halangan untuk melakukan aktivitas harian. Tetaplah beraktivitas seperti biasa membantu orang lain. Hal tersebut bisa memberikan manfaat. Ingat, Ramadan merupakan bulan penuh berkah. Jadi ada baiknya Anda banyak melakukan kegiatan yang bermanfaat.

Baca Juga: Orang Puasa Akan Dapatkan 5 Kenikmatan Ini

Tonton Film atau Tayangan Favorit
Salah satu cara praktis menghabiskan waktu sekaligus membuat Anda lupa dengan rasa lapar dan haus yaitu dengan menonton film atau tayangn favorit Anda. Menonton film berdurasi 2-3 jam menjadi ide yang bagus untuk menghabiskan waktu saat puasa.

Anda juga bisa menonton serial yang terdiri dari banyak episode. Rasa penasaran terhadap jalan cerita biasanya ampuh membuat Anda lupa dari rasa lapar termasuk lapar mata.

Jangan Sering Melihat Jam
Hal yang paling ditunggu-tunggu bagi mereka yang sedang berpuasa yaitu waktu berbuka, sehingga tidak heran jika jam dinding merupakan hal yang tidak pernah luput dari pandangan mata.

Padahal, melihat jam sebentar-sebentar justru akan membuat waktu berjalan terasa lebih lambat. Apalagi jika masih siang, semakin Anda melihat jam dinding saat puasa, maka akan semakin merasa lapar dan haus.

Buat Bujet Belanja
Cara ampuh lainnya untuk mengatasi lapar mata yaitu menetapkan bujet belanja selama bulan puasa. Kalau bisa bujet untuk belanja saat Ramadan hanya separuh dari belanja di bulan lainnya.

Jangan sampai bujet belanja di bulan Ramadhan justru membengkak hingga dua kali lipat bujet belanja di bulan lainnya. Syukur-syukur yang Anda tambah yaitu budget sedekah.

Berbuka di Masjid
Ada baiknya sesekali Anda berbuka di masjid atau musala yang biasanya menyediakan makanan dan minuman untuk berbuka puasa.

Dengan begitu Anda bisa lebih menyadari kalau buka puasa sekadarnya saja sudah cukup, tidak perlu berlebihan yang bisa membuat banyak makanan terbuang percuma.

Memperbanyak Ibadah
Satu hal lagi yang sangat ampuh untuk mengatasi lapar mata yaitu dengan memperbanyak ibadah. Bulan Ramadan menjadi waktu yang tepat untuk beribadah sesering dan sebanyak mungkin.

Jadi daripada Anda memuaskan hasrat lapar mata, ada baiknya lebih memperbanyak ibadah baik di rumah, masjid maupun tempat ibadah lainnya.

 

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.