oleh

4 Hal yang Bisa Dilakukan Bumil Agar Bahagia dan Tak Stres Saat Urus Balita

PortalMadura.Com – Ketika seorang Ibu Hamil (Bumil) memiliki anak yang masih balita, tentu sangat merepotkan dan melelahkan dalam mengurusnya. Namun bumil tidak perlu khawatir, sebab ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar dapat melewati masa kehamilan ini dengan mudah.

Anda pun hanya cukup fokus pada diri sendiri dan menghemat energi saat merawat balita Anda. Karena, sebenarnya hamil sambil merawat anak bukan tugas yang sulit jika Anda memerhatikan kesehatan dan menjaga energi.

Berikut empat hal yang bisa bumil lakukan sehingga tetap bahagia dan bebas stres saat sambil mengurus bayi:

Berbagi Pekerjaan
Berbagi pekerjaan rumah tangga dengan orang lain saat Anda mulai memerhatikan diri sendiri. Dengan anak yang energik, Anda bisa mengajarinya satu atau dua hal tentang menjaga agar rumah menjadi rapi.

Namun, jika dia anak laki-laki yang masih terlalu kecil, jangan ragu meminta bantuan suami, ibu, mertua, atau tetangga untuk membantu mengurus si kecil. Saat ini, fokuslah dengan istirahat cukup dan menjaga kesehatan Anda.

Bermain Jangan Diforsir
Selama kehamilan, terutama pada trimester awal, tubuh akan terasa lelah. Jadi pastikan Anda bermain dengan balita tapi jangan sampai menghabiskan energi.

Balita biasanya memiliki energi tidak terbatas, tapi Anda tidak. Bermain dan libatkan si kecil dalam kegiatan yang menarik, biarkan dia berkembang dan itu memudahkan Anda. Tentukan kegiatan yang membuatnya senang seperti main musik, lukisan, kerajinan, dan membaca buku.

Sesuaikan Jadwal Tidur Anda dan Balita
Anda perlu menyesuaikan pola tidur sehingga sinkron dengan balita. Tidurlah di saat dia tidur. Jika anak banyak tidur berarti Anda cukup istirahat.

Bicara dengan Balita Anda
Kehamilan adalah waktu yang tepat berhubungan dengan anak Anda. Anak sensitif dan mereka akan tahu kapan waktunya tidak mengganggu Anda. Untuk itu, buatlah kegiatan yang menyenangkan dengan si kecil dengan bicara ke perut dan dia mungkin menawarkan memijati otot Anda yang sakit dengan tangan mungilnya.

Ingatkan diri Anda, bahwa ini hanya sementara waktu dan rumah akan ramai dengan suara dua anak yang melipatgandakan kebahagiaan. Selain itu, jangan merasa bersalah karena tidak memberikan cukup waktu untuk si kecil. (liputan6.com/Salimah)



Komentar