oleh

4 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Ponsel Terkena Hujan

PortalMadura.Com – Memasuki musim hujan membuat Anda khawatir terkena hujan di tengah jalan saat akan bepergian. Saat Anda terkena hujan maka ada hal yang harus perhatikan yakni barang bawaan Anda agar tidak terkena air hujan. Apalagi Anda membawa barang elektronik yang akan mudah rusak jika terkena air hujan.

Salah satu barang elektronik yang sering di bawa adalah ponsel. Sehingga tidak menutup kemungkinan ponsel Anda akan basah bila Anda terkena hujan diperjalanan. Akan ada kemungkinan buruk jka ponsel Anda terkena hujan yaitu ponsel akan rusak.

Walaupun saat ini ada fitur ponsel yang dilengkapi dengan kemampuan tahan air. Namun jika ponsel Anda tidak memiliki fitur ini maka ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dilansir dari laman Okezone.com, Senin (28/12/2020)

Pertama adalah jangan hidupkan ponsel yang masih basah atau masih ada sisa sisa air dibagian hardware. Jika Anda menghidupkan ponsel yang masih basah akan merusak komponen kelistrikan.

Kedua lepas baterai merupakan cara yang bisa Anda lakukan. Anda juga bisa mencabut simcard dan memory card pada ponsel. Melepas bagian ini pada ponsel akan menghentikan aliran listrik pada ponsel sehingga membuat ponsel lebih aman.

Ketiga segera keringkan ponsel dengan cara melepas casing dan baterai. Gunakan tisu atau kain kering untuk mengeringkan bagian dalam ponsel dan hindari menggunakan hairdryer karena akan merusak komponen ponsel.

Keempat adalah gunakan beras. Cara yang bisa Anda lakukan yaitu menggunakan beras karena beras bisa menjadi pengering alami. Caranya yaitu masukkan ponsel pada plastik lalu isi dengan beras sampai penuh. Anda bisa menggunakan cara ini setelah selesai mengeringkan ponsel menggunakan tisu atau kain. Diamkan ponsel selama satu hari agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Rewriter : Lisa Mana L
sumber : Okezobe.com

Komentar