4 Hal yang Perlu Anda Perhatikan Sebelum Pakai Keratin Rambut

Avatar of PortalMadura.com
4 Hal yang Perlu Anda Perhatikan Sebelum Pakai Keratin Rambut

PortalMadura.Com – Di zaman sekarang, ada banyak salon yang menawarkan untuk mengatasi masalah rambut. Mulai dari rambut rontok, kering ataupun kasar. Selain, itu ada juga produk dan suplemen yang mudah ditemukan dan bisa digunakan.

Biasanya, salah satu kandungan dalam produk perawatan rambut tersebut yaitu keratin. Tapi, sebenarnya apa keunggulan dari penggunaan keratin bagi rambut?. Nah, sebelum Anda menggunakannya, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang keratin.

Berikut penjelasannya:

Keratin Termasuk Komponen Utama Pembentuk Kulit, Kuku dan Rambut
Keratin termasuk dalam 90% komponen protein yang membentuk rambut. Selain itu, keratin juga ditemukan dalam jenis protein yang membentuk kulit, kuku serta terdapat dalam kelenjar internal tubuh. Keratin bekerja dengan cara meresap ke folikel rambut dan menyatu dengan asam amino.

Asam amino ini akan menciptakan jalur yang memberi ketahanan dan kekuatan yang dibutuhkan oleh rambut. Oleh sebab itu, keratin yang ditemukan dalam beberapa suplemen atau produk perawatan rambut dipercaya dapat membantu memperkuat dan membuat rambut lebih sehat.

Perawatan Rambut dengan Keratin
Termasuk dalam komponen protein, keratin terdapat dalam semua jenis rambut. Bayangkan saja, jika diumpamakan dengan tangga, biasanya jenis rambut lurus mengandung keratin yang bertekstur seperti tangga lurus. Begitu juga dengan rambut keriting yang memiliki bentuk spiral dalam susunannya.

Baca Juga : Ladies, 5 Produk Perawatan Rambut yang Wajib Anda Miliki

Perawatan menggunakan keratin dapat digunakan untuk meluruskan rambut dengan mengubah ikatan dalam tekstur rambut keriting dan mengubahnya secara permanen menjadi rambut lurus. Tidak hanya itu, keratin juga memberi manfaat lain seperti membuat rambut berkilau, bebas kusut, halus, kuat hingga memperbaiki rambut yang rusak.

Tak Semua Perawatan Keratin Memiliki Fungsi yang Sama
Kalau biasanya perawatan salon menggunakan keratin untuk meluruskan rambut, berbeda lagi dengan serum, sampo atau kondisioner mengandung keratin yang dijual bebas. Serum, sampo atau kondisioner ini membuat klaim berbeda dengan salon seperti menghindari rambut dari kerusakan atau memperbaiki rambut yang kering. Untuk mengidentifikasinya, Anda dapat mencari produk dengan klaim ‘keratin hydro lysates' untuk mendapatkan rambut yang kuat.

Keratin Tak Bisa Digunakan Sembarangan
Perawatan salon dengan menggunakan keratin mengandung formaldehyde dalam jumlah besar. Walaupun terkadang mereka mengklaim tanpa formaldehyde, Anda perlu mewaspadainya karena beberapa efek samping. Karena, beberapa karyawan salon pun mengalami efek buruk seperti mimisan dan masalah pernapasan akibat menghirup asap dari produk perawatan keratin ini. Hal tersebut juga berpengaruh bagi perempuan hamil sehingga disarankan untuk menghindari perawatan ini.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.