4 Hal yang Perlu Dipersiapkan Saat Ingin Berbisnis Online

Avatar of PortalMadura.com
4 Hal yang Perlu Dipersiapkan Saat Ingin Berbisnis Online
ilustrasi

PortalMadura.Com – Di zaman yang serba teknologi ini, bisnis online kian menjadi sumber penghasilan yang cukup menjanjikan. Pasalnya, bisnis jenis ini bisa beroperasi 24 jam dan hanya bermodal internet. Akan tetapi, sebenarnya ada banyak hal yang perlu diperhatikan sebelum memulai bisnis online.

Selain itu, dalam berbisnis online juga dibutuhkan rencana bisnis yang matang, misalnya merencanakan tahap awal sebelum memulai bisnis online.

Berikut empat hal lain yang perlu dipersiapkan saat ingin berbisnis online:

Pilih Nama Domain
Nama domain tidak berbeda dengan nama toko. Anda harus memilih nama yang tepat, baik sebagai alamat situs atau sebagai alamat yang mengarah ke layanan e-commerce yang digunakan.

Tentukan Metode Pembayaran yang Digunakan
Anda juga harus mengetahui metode pembayaran yang digunakan layanan e-commerce kepada Anda sebagai pemilik bisnis online. Beberapa layanan e-commerce sudah menyediakan metode pembayaran built-in yang bisa dimanfaatkan pebisnis online.

Apabila Anda memilih untuk membuat situs bisnis online sendiri, pastikan untuk menghubungi pihak bank yang gunakan sebagai layanan pembayaran atau payment gateway.

Hal tersebut cukup penting, karena akan menunjang keamanan dan kemudahan transaksi calon pembeli Anda. Jadi tidak ada salahnya memanfaatkan kerja sama dengan pihak bank.

Pilih Solusi E-commerce yang Tepat
Ketahui jenis bentuk bisnis online yang Anda jalankan, apakah Anda menginginkan adanya layanan toko di situs web Anda sendiri atau Anda menginginkan layanan toko di dalam layanan e-commerce yang sudah ada?.

Apakah Anda hanya menjual satu produk atau membutuhkan keranjang belanja yang lebih kompleks?. Ada 3 jenis bentuk bisnis online yang bisa Anda pilih untuk dijalankan, pertama adalah yang sederhana. Jenis sederhana apabila Anda hanya menjual satu jenis produk dan hanya membutuhkan satu buah jalur pembayaran yang mudah.

Jenis kedua adalah hosted. Bagi Anda yang memerlukan lebih dari satu tombol pembayaran tapi tidak punya waktu, uang, atau bandwidth untuk memasang aplikasi e-commerce. Anda bisa memanfaatkan layanan hosting atau pendukung platform e-commerce dan yang lebih mudah lagi dengan menggunakan layanan yang sudah ada.

Jenis ketiga adalah lakukan sendiri. Apabila Anda mampu menciptakan dan mengoperasikan bisnis online sendiri dengan memiliki web sendiri, maka Anda bisa memanfaatkan beberapa software penyedia dukungan platform e-commerce.

Jangan lupa untuk memastikan situs Anda mendapatkan sertifikasi SSL (Securte Socket Layer) untuk memberikan keamanan berupa enkripsi halaman situs toko online Anda yang berisi informasi pribadi.

Tulis Deskripsi Produk dengan Detil dan Gunakan Foto Beresolusi Tinggi
Bisnis online tidak memungkinkan calon pembeli melihat langsung produk yang ditawarkan. Maka dari itu, selalu gunakan foto produk beresolusi tinggi dan jangan lupa menuliskan deskripsi lengkap dari produk yang Anda jual.

Itulah empat hal yang perlu Anda persiapkan ketika memutuskan untuk berbisnis online. Hal ini, supaya Anda bisa meminimalisir penipuan atau tindak kejahatan di dunia internet. (metrotvnews.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.