Umat Muslim, Ini 8 Keutamaan Salat Witir yang Perlu Anda Tahu

Avatar of PortalMadura.Com
Umat Muslim, Ini 8 Keutamaan Salat Witir yang Perlu Anda Tahu
Ilustrasi

PortalMadura.Com – merupakan salah satu salat sunah yang dikerjakan pada malam hari sebagai penutup shalat malam lainnya seperti salat tahajud maupun salat tarawih dan salat ini hukumnya sunnah muakkad. Menurut sebagian ulama Rasulullah tidak pernah meninggalkan salat ini dalam kondisi apapun.

Hal itu menunjukkan betapa besar faedah atau keutamaan mengerjakan salat witir. Agar lebih memantapkan niat Anda untuk melaksanakannya, ini beberapa hadis yang menjelaskan tentang keutamaan salat witir. Penasaran?.

Berikut ulasannya:

Sebagai Tambahan Salat
Salat witir sebagai salat tambahan. Hadits berikut menjelaskan bahwa shalat witir adalah salat yang dianjurkan untuk duikerjakan di antara waktu shalat fardu yakni isya dan sebelum waktu subuh datang. Dengan melaksanakan shalat witir Anda bisa menambah salat dan tentunya mendapatkan pahala dari salat tersebut.

Sebagaimana hadis berikut ini: ‘Sesungguhnya Allah Subhanahu wa Ta'ala telah memberi kalian tambahan salat, yaitu shalat Witir, maka shalat Witirlah kalian antara waktu salat ‘Isya' hingga shalat Subuh.'” [HR. Ahmad]

Selain itu hadis lain: ‘Sesungguhnya Allah Subhanahu wa Ta'alatelah memberi kalian tambahan salat, maka peliharalah dia, yaitu shalat Witir'.

Menyempunakan Sebagai Penyempurna Salat Malam
Salat witir adalah penutup dari salat malam yang dilaksanakan baik sebelum maupun setelah bangun tidur dan tanpa salat witir tidak akan sempurna salat malam atau qiyamul lail seseorang. Sebagaimana yang disebutkan dalam hadits berikut ini: “Jadikanlah akhir shalat kalian di malam hari dengan shalat Witir”

Salat Witir Dicintai Allah
Allah sangat menyukai sesuatu yang ganjil karena Allah adalah satu. Sebagaimana rakaat salat witir yang ganjil, dan witir merupakan salah satu ibadah yang dicintai Allah. Sebagaimana yang disebutkan dalam hadis Rasulullah SAW berikut ini : “Sesungguhnya Allah itu ganjil dan menyukai orang-orang yang melakukan shalat Witir, maka salat Witirlah, wahai para ahli al-Qur-an.”

Sebagai hamba Allah yang beriman dan bertaqwa tentunya Anda sebagai umatnya juga akan mencintai apa yang dicintai oleh Allah dan berusaha untuk melaksanakan segala perintahnya termasuk menjalankan salat witir.

Salat yang Lebih Baik dari Unta Merah
Hadis menyebutkan bahwa keutamaan salat witir adalah lebih baik dari unta merah. Hal ini berarti bahwa salat witir yang dikerjakan bernilai lebih besar dari nilai seekor unta merah terutama bila dikerjakan sebelum waktu salat subuh datang. Berikut hadis yang menyebutkan keutamaan tersebut: “Telah menceritakan kepada Kami [Abul Walid Ath Thayalisi] dan [Qutaibah bin Sa'id] dari [Kharijah bin Hudzafah], Abu Al Walid Al Adawi berkata; Rasulullah shallAllahu wa'alaihi wa sallam keluar menemui Kami dan berkata: “Sesungguhnya Allah telah mewajibkan bagi kalian sebuah shalat yang dia lebih baik bagi kalian dari pada unta merah, yaitu shalat witir, dan telah menjadikannya berada diantara shalat Isya hingga terbit fajar.” (HR Abu dawud)

Dikabulkan Doanya
Waktu melaksanakan shalat witir adalah waktu yang tepat untuk berdoa dan merupakan waktu yang dekat dengan Allah SWT. Doa yang dipanjatkan setelah shalat witir bisa jadi merupakan salah satu doa yang akan diijabah oleh Allah SWT.

Salatnya Disaksikan Malaikat
Salat witir yang dilaksanakan di penghujung malam disaksikan oleh malaikat dan malaikat tentunya akan membawa berkah dan ikut mendoakan Anda kepada Allah SWT. Hal tersebut dijelaskan dalam hadis berikut ini yang diriwayatkan oleh imam Muslim : “Telah menceritakan kepada kami [Abu Bakr bin Abu Syaibah] telah menceritakan kepada kami [Hafsh] dan [Abu Mu'awiyah] dari [Al A'masy] dari [Abu Sufyan] dari [Jabir] ia berkata; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Barangsiapa yang khawatir tidak bisa bangun di akhir malam, hendaklah ia melakukan witir di awal malam. Dan siapa yang berharap mampu bangun di akhir malam, hendaklah ia witir di akhir malam, karena shalat di akhir malam disaksikan (oleh para malaikat) dan hal itu adalah lebih afdlal (utama).” Abu Mu'awiyah berkata; “Mahdlurah (dihadiri oleh para malaikat).” (HR. Muslim)

Tidak Pernah Ditinggalkan Rasulullah
Ada tiga perkara yang tidak pernah ditinggalkan Rasul dalam hidupnya yakni berpuasa selama tiga hari setiap bulan, mendirikan salat dhuha dan melaksanakan salat witir. Rasul tidak pernah meninggalkan salat witir dan apabila ia meninggalkannya, beliau akan mengqadha salAt witir yang ditinggalkannya tersebut. Hal ini dikuatkan oleh hadits rasulullah berikut ini : “Kekasihku Rasulullah memberi wasiat kepadaku agar aku berpuasa 3 hari setiap bulan, mendirikan salat Dhuha 2 raka'at dan salat witir sebelum aku tidur” (HR. Bukhori)

Diberi Petunjuk dan Kekuatan oleh Allah SWT
Orang yang melaksanakan salat witir akan senantiasa merasa kuat dalam menghadapi cobaan di dunia ini dan doanya akan senantiasa di dengar oleh Allah SWT. Allah SWT senantiasa memberi petunjuk bagi umatnya yang menjalankan perintahnya serta melakukan apa yang dia cintai. Pada saat shalat witir, ada doa qunut yang bisa Anda baca sebagai permohon petunjuk dan keselamatan kepada Allah SWT.

Berikut adalah doa qunut yang bisa dibaca saat melaksanakan salat witir: “Ya Allah, kepada-Mu kami beribadah, untuk-Mu kami melakukan shalat dan sujud, kepada-Mu kami berusaha dan bersegera (melakukan ibadah). Kami mengharapkan rahmat-Mu, kami takut kepada siksaan-Mu. Sesungguh-nya siksaan-Mu akan menimpa pada orang-orang kafir. Ya Allah, kami minta pertolongan dan memohon ampun kepada-Mu, kami memuji kebaikan-Mu, kami tidak ingkar kepada-Mu, kami beriman kepada–Mu, kami tunduk kepada-Mu dan meninggalkan orang-orang yang kufur kepada-Mu.”

Demikian keutamaan salat witir yang dapat Anda ketahui dan semoga setelah mengetahui keutamaan salat witir tersebut dan bisa mengamalkannya terutama setelah melaksanakan salat tarawih di bulan ramadhan. (dalamislam.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.