oleh

4 Hal yang Perlu Disiapkan Mahasiswa Sebelum Magang

PortalMadura.Com – Saat kuliah di perguruan tinggi, ada salah satu program wajib yang harus dilakukan mahasiswa yaitu magang. Biasanya program ini menjadi penting karena syarat untuk wisuda. Oleh karena itu, mahasiswa harus mempersiapkan dan mempertimbangkan segala hal yang bisa menunjang keberhasilan di waktu magang.

Ada beberapa persiapan yang perlu Anda lakukan sebelum magang untuk menunjang kesuksesan Anda magang. Lantas apa saja persiapannya? Berikut penjelasannya:

Mental
Pertama dan paling utama, pastikan kesiapan mental untuk terjun langsung ke lapangan. Kenyataan fakta di lapangan sedikit banyak berbeda dengan apa yang diajarkan dalam buku teks perkuliahan.

Tentukan Target
Seluruh aktivitas yang Anda lakukan, idealnya memiliki target yang jelas. Hal tersebut akan membantu Anda lebih fokus selama magang dan mendapatkan sesuatu yang diharapkan.

Bujet
Hitung bujet yang Anda miliki untuk magang, khusunya jika lokasi di luar kota. Mulai dari biaya makan, tempat tinggal, transportasi, dan lainnya. Pastikan bujet yang Anda miliki sesuai dengan program magang yang akan dilakukan, demi menghindari hal-hal di luar dugaan selama proses magang seperti kehabisan uang.

Pengetahuan yang Memadai
Cari tahu terlebih dahulu instansi yang akan Anda jadikan sebagai tempat magang, lengkap dengan posisi diajukan. Dengan melakukan riset, dapat membuat Anda memperoleh gambaran yang lebih luas dan lengkap sehingga akan membantu selama magang berlangsung. Selain itu, Anda juga akan terhindar dari mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang tidak perlu dan menurunkan kredibilitas Anda. (liputan6.com/Desy)


Komentar