oleh

4 Jenis Makanan yang Masih Bisa Dikonsumsi Walau Habis Masa Kedaluwarsa

PortalMadura.Com – Apa yang akan Anda lakukan bila mengetahui makanan favorit Anda sudah lewat masa kedaluwarsa, tetap mengonsumsinya atau langsung cepat membuangnya ? Banyak ahli yang menyarankan untuk membuang makanan kadaluarsa demi menghindari hal-hal yang tak diinginkan seperti keracunan dan sebagainya.

Saran membuang makanan yang telah lewat kedaluwarsanya atau batas akhir dikonsumsi adalah saran baik. Namun, tahukah Anda bahwa belum tentu makanan yang kedaluwarsa benar-benar tidak layak konsumsi lho.

Gempur Rokok Ilegal Pemkab Sumenep

BACA : Jelang Liga 3 Jatim 2021, Madura FC Masih Butuh Empat Laga Uji Coba

Perlu Anda ketahui, tanggal kedaluwarsa tidak melulu berkaitan dengan makanan menjadi busuk, tidak layak konsumsi dan beracun. Tanggal kedaluwarsa merupakan pemberitahuan konsumen bagaimana produk tetap terjaga kesegaran, warna, rasa maupun teksturnya.

Ada beberapa aturan sederhana mengenai makanan yang sudah kedaluwarsa tapi ternyata masih bisa dikonsumsi. Nah, berikut ini beberapa makanan yang masih bisa dikonsumsi meski sudah kadaluarsa.

Susu
Untuk produk susu, ini masih bisa dikonsumsi setelah tiga hari sampai 2 minggu setelah tanggal kedaluwarsa. Dengan syarat, produk susu segera disimpan di lemari es bagian belakang yang suhunya paling rendah atau dingin.

Margarin
Margarin dipercaya bisa bertahan selama empat sampai enam bulan setelah pembelian. Selama kemasan margarin masih baik, tertutup dan disimpan di tempat yang aman serta kering atau di lemari kulkas, margarin akan aman dikonsumsi. Telur, daging ayam atau ikan serupa degan susu yakni masih bisa dikonsumsi setelah dua sampai tiga hari setelah pembelian. Dengan catatan makanan ini disimpan di kulkas bagian dalam atau yang suhunya paling rendah.

Baca Juga: Tagana Cari Korban Gempa Sumenep, Terasa Dua Kali Getaran Cukup Keras di Pulau Raas dan Sapudi

Makanan Kering
Untuk makanan kering seperti pasta kering, keripik dan sejenisnya, makanan ini bisa bertahan satu sampai dua tahun setelah pembelian.

Makanan Kaleng
Makanan kaleng berupa sayur, buah atau daging kaleng bisa bertahan selamanya asal makanan itu disimpan di freezer dan membeku. Aturan lain adalah makanan dalam kaleng itu kemasannya masih bagus, tidak sobek, rusak, penyok atau berkarat.

Makanan yang telah lewat kedaluwarsa tidak semua beracun dan berbahaya. Beberapa makanan hanya akan mengalami penurunan kadar nutrisi, gizi dan kualitasnya. Namun, jika makanan berbau, mengalami perubahan warna dan tidak layak konsumsi, segera buang makanan tersebut.

Itulah beberapa makanan yang masih bisa dikonsumsi walau sudah lewat masa kedaluwarsa. Tetapi bila Anda ragu untuk mengonsumsinya, disarankan agar segera membuang makanan tersebut. Semoga Bermanfaat.

Dapatkan Berita terbaru dari kami via Telegram

Komentar