4 Kebiasaan yang Dapat Terjadi Penuaan Dini dalam Semalam

Avatar of PortalMadura.Com
4 Kebiasaan yang Dapat Terjadi Penuaan Dini dalam Semalam
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Menjadi tua memang sudah merupakan takdir yang tidak bisa dihindari. Namun, Anda bisa mencegah atau menghindari yang namanya . Menjaga pola makan dan perawatan wajah sudah menjadi hal utama yang harus dijaga untuk menghindarinya. Namun disamping itu, tahukah Anda bahwa ada beberapa kebiasaan yang bisa membuat hal tersebut rentan terjadi, bahkan bisa terjadi dalam waktu semalam.

Berikut adalah beberapa kebiasaan malam yang dapat terjai penuaan dini menurut Purvisha Patel, MD seorang dermatolog dan pendiri Visha Skincare.

1. Tidur Tengkurap

Tidur dalam posisi tengkurap bisa menyebabkan efek samping, diantaranya yaitu wajah dan mata yang bengkak akibat cairan yang ditarik ke bawah oleh grafitasi. Dan seiring waktu, kolagen akan terus berkurang dan wajah jadi kendor.

“Gravitasi akan menang ketika kita tidur tengkurap,” katanya.

Patel menyarankan, tidur telentang adalah cara terbaik menjaga kekencangan wajah.

2. Tidak Mencuci Muka

Langkah yang satu ini sering dilewatkan oleh kaum wanita yaitu menghapus makeup sebelum tidur. Padahal langkah ini yang paling utama tidak boleh dilewatkan di ritual sebelum tidur.

Mencuci muka sebelum tidur sangatlah penting untuk menyingkirkan kotoran, keringat, dan sisa make-up yang menempel di wajah seharian.

“Jika Anda berkeringat atau menggunakan make-up, pori-pori jadi tersumbat, yang bisa menyebabkan jerawat,” jelas Patel. “Jika kulit kamu berminyak, muka akan jadi terlihat semakin lepek dan berminyak.”

Patel menyarankan untuk menggunakan pembersih wajah yang bisa mengeksfoliasi pori, agar kulit jadi segar dan bisa beregenerasi saat Anda tidur, sehingga penuaan dini tak terjadi.

3. Menggunakan Terlalu Banyak Produk

Bila Anda menggunakan terlalu banyak produk perawatan kulit, tanpa tahu kegunaannya masing-masing, hal ini malah bisa merugikan kulit.

“Produk yang mengandung retinol berguna untuk mencegah kerut, dan ketika digabungkan dengan produk yang mengandung benzoyl peroxide untuk mencegah jerawat, hal ini malah akan bikin kulit kering dan meningkatkan iritasi,” jelas Patel lagi.

Ketika kulit kering dan iritasi, kulit jadi merah dan mengalami inflamasi. Akibatnya garis-garis halus jadi makin jelas.

So, pastikan Anda memilih produk yang sudah tahu kegunaannya dan sesuai dengan jenis kulit Anda ya.

4. Tidak Minum Cukup Air

Hidrasi itu penting untuk luar dan dalam. “Air adalah komponen penting bagi kulit, dan struktur di bawahnya,” lanjut Patel. “Ketika Anda dehidrasi, kulit akan kehilangan kesegaran dan kekenyalannya.”

Dari sudut pandang jangka pendek, dehidrasi membuat kulit jadi penuh kerut dan cekung di area mata. Dengan berjalannya waktu, jika terus terjadi, dehidrasi akan membuat kulit kehilangan kekenyalannya.

Patel merekomendasikan untuk tidak lupa minum minimal enam gelas setiap hari.

Itulah kebiasaan sebelum tidur yang bisa terjadi penuaan dini dalam waktu semalam tanpa kita sadari. Semoga informasi di atas bermanfaat ya. (liputan6.com/Nanik)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.