oleh

4 Keteladanan Siti Khadijah yang Jadi Inspirasi Muslimah Modern

PortalMadura.Com – Semua suami di seluruh dunia pasti ingin mempunyai istri yang baik, berakhlak mulia dan bisa membimbing anak-anaknya kelak. Sebagaimana sosok Khadijah istri pertama Rasulullah SAW. Beliau merupakan istri yang sangat dicintai Rasulullah karena ketakwaannya.

Setiap Muslim di seluruh dunia pasti tahu sosok Khadijah. Berbagai kisah tentang Khadijah tentu sering muslimah dengar, bahkan tentang kisah cinta beliau bersama Rasulullah dan sosok Khadijah yang mulia. Berikut beberapa keteladanan Khadijah yang bisa diterapkan pada kehidupan sehari-hari. Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Kamis (15/8/2019) dari laman okezone.com yang dikutip dari Rayyan Institute.

Menjalani Kehidupan dengan Takwa

Memiliki iman dan bersikap takwa merupakan akhlak yang mulia bagi seorang Muslim. Di dalam Alquran dijelaskan: “Sesungguhnya yang paling mulia diantara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa” (Q.S Al-Hujurat Ayat 13)

Ketakwaan ini juga dimiliki oleh Khadijah, dalam sebuah hadis Rasulullah mengambarkan Khadijah sebagai yang terbaik di antara para wanita (bangsa ini) (H.R Bukhari)

Salah satu ketakwaan yang dimiliki Khadijah ialah dapat menjalani kehidupan dengan kejujuran pada masa jahiliyah. Ia juga bisa menjaga dirinya dari sifat yang buruk pada masa itu. Oleh karena itu, Khadijah terkenal dengan nama Tahirah (perempuan suci)

Loading...

Baca Juga: Kebakaran Landa Gudang Barang Bekas, Tiga Pekerja Alami Luka Bakar

Menjadi Istri yang Taat pada Suami

Khadijah merupakan istri yang taat kepada Rasulullah SAW. Khadijah tahu bahwa tugas dari seorang istri yaitu mendampingi dan mendukung suami. Ia juga tidak membawa nama besar keluarganya atau kekayaannya agar tidak mengurangi rasa hormatnya sebagai seorang istri.

Tidak Menilai Seorang Pria dari Kekayaannya

Khadijah merupakan saudagar yang kaya dan memiiki usaha yang sukses. kala itu banyak pria yang ingin menikah dengan Khadijah. Beberapa pria yang ingin melamar merupakan keluarga kaya dan memiliki harta yang berlimpah.

Namun nyatanya Khadijah memilih menikah dengan Rasulullah karena harta bukanlah tujuannya dalam memilih seorang suami. Ia memilih berdasarkan akhlaknya yang mulia dan jujur.

Menjadi Orang Tua yang Baik

Khadijah dapat dijadikan teladan sebagai orang tua yang luar biasa. Ini bisa dilihat ketika beliau membesarkan anak-anaknya dengan begitu sabar pada saat masa Jahiliyah.

Salah satu anaknya, Fatimah, terkenal karena kepribadiannya yang penuh kasih sayang dan baik hati. Ia menjadi pemimpin para wanita di surga.


Rewriter: Desy Wulandari
Sumber: okezone.com

Komentar