oleh

4 Keuntungan Berhenti Konsumsi Kopi

PortalMadura.Com – Mengonsumsi kopi setiap hari merupakan kebiasaan banyak orang, terutama di pagi hari. Pasalnya, minuman berkafein ini memiliki sejumlah manfaat kesehatan, seperti membantu menurunkan risiko penyakit liver, kanker, dan diabetes tipe 2.

Manfaat lainnya, kandungan kafein yang terdapat di dalam kopi juga bisa membuat diri lebih terjaga dan berenergi. Kendatipun memberikan sejumlah manfaat, mengonsumsi kopi yang berlebihan juga bisa menimbulkan beberapa masalah kesehatan. Salah satunya yang paling umum adalah kesulitan tidur yang mungkin muncul di malam hari.

Parahnya lagi tidak hanya berdampak pada pola tidur, namun juga dapat memengaruhi kesehatan baik secara mental maupun fisik. Kebiasaan lain seperti minum kopi yang terlalu manis juga bisa menyebabkan masalah lain.

Untuk itu, disarankan bagi seseorang yang suka mengonsumsi kopi tidak lebih dari 400 miligram per hari. Pasalnya, konsumsi kopi yang terlalu tinggi dapat berdampak pada neurotransmiter di otak yang bisa menimbulkan mual, rasa gugup, kecemasan, sakit kepala, serta masalah lain. Namun jika berhenti mengonsumsi kopi, maka ada sejumlah manfaat yang bisa diperoleh.

Berikut empat manfaat yang bisa diperoleh dari berhenti mengonsumsi kopi, seperti yang dikutip Merdeka.com dari Medical Daily:

Meningkatkan Kualitas Tidur

Berhenti mengonsumsi kopi bisa membuat seseorang memiliki kualitas tidur yang lebih baik di malam hari. Sebab, minuman ini bisa bikin penikmatnya lebih terjaga.

Meskipun kafein bisa meningkatkan energi dan kesigapan seseorang. Akan tetapi, kafein di kopi bisa berada di dalam darah hingga lima jam. Sehingga mengonsumsi kopi di siang hari bisa membuat seseorang terjaga di malam hari dan bisa mengganggu waktu tidur.

Loading...

Baca Juga: Inilah 5 Khasiat Menakjubkan Konsumsi Kopi untuk Tubuh

Meningkatkan Kesehatan Mulut

Pada dasarnya, mengonsumsi kopi dalam jumlah banyak memang berhubungan dengan gigi yang menjadi kusam dan lapisan email yang menipis. Dengan mengurangi atau berhenti minum kopi sama sekali tentu bisa membantu mengurangi noda kuning di gigi dan mempertahankan email gigi.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Kopi yang dikonsumsi mungkin mengandung banyak gula serta kandungan tinggi kalori lainnya. Kombinasi tersebut bisa berdampak baik untuk menurunkan maupun menambah berat badan. Karena kopi dapat memengaruhi selera makan dan rasa lapar.

Meningkatkan Mood

Biasanya, efek buruk bisa terjadi setelah konsumsi kopi dalam jumlah besar. Usai meningkatkan fokus, mungkin terjadi perasaan tegang, stres, cemas, serta menurunnya konsentrasi. Bahkan, minuman ini juga bisa menyebabkan kualitas tidur menjadi buruk sehingga memengaruhi mood.

Dengan berhenti mengonsumsi kopi, tentu bisa membuat seseorang lebih tenang di siang hari. Konsentrasi pun akan semakin meningkat.

Untuk mendapatkan manfaat ini, seseorang bisa menurunkan konsumsi kopi secara drastis selama lima hari. Bisa dimulai dengan membatasi jumlah konsumsi, seperti hanya satu cangkir dalam sehari serta ganti kopi dengan alternatif teh. Secara perlahan, maka seseorang bisa mulai berhenti konsumsi kopi dalam rutinitas sehari-hari.


Rewriter : Salimah
Sumber : merdeka.com

Komentar