Warna Kulit Tak Rata? Pakai 9 Kandungan Alami Ini

Avatar of PortalMadura.com
Warna Kulit Tak Rata Pakai 9 Kandungan Alami Ini
Ilustrasi (mamys.com)

PortalMadura.Com – Memiliki kulit halus dengan warna yang merata tentu didambakan oleh semua orang. Karena jika kulit yang tampak belang pasti akan kelihatan tidak bagus dipandang dan mengganggu penampilan.

Mungkin hal itu bukan masalah yang serius, tapi bagi sebagian orang warna kulit yang tidak merata juga menjadi masalah tersendiri. Sebenarnya, ada banyak faktor yang menyebabkan . Pastinya tidak lepas dari gaya hidup sehari-hari dan ataupun penggunaan produk tertentu.

Sebagaimana dilansir Merdeka.com, yang dikutip dari Healthline, uneven skin tone alias warna kulit yang tidak merata bisa disebabkan berbagai faktor. Misalnya saja paparan sinar ultraviolet, usia, medikasi, dan hormon.

Meskipun menjadi masalah yang mengganggu penampilan, tapi ada banyak cara yang bisa ditempuh untuk mengatasinya. Antara lain kandungan-kandungan alami yang bisa ditemukan di produk kecantikan berikut ini:

Vitamin C

Radikal bebas yang mengancam manusia ada di mana-mana. Saat Anda terpapar radikal tersebut, bukan tidak mungkin akan membuat kulit menjadi tidak merata. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk menggunakan vitamin C.

Sebab, antioksidan yang satu ini bisa melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Anda bisa mengonsumsi vitamin C dalam bentuk suplemen makanan atau bahan aktif di dalam produk kecantikan yang Anda gunakan setiap hari.

Niacin

Selain vitamin C, Anda juga bisa memanfaatkan niacin, nutrisi yang satu ini esensial untuk kesehatan kulit, rambut, dan kuku. Melalui hidrasi, niacin bisa membantu meratakan warna kulit, mengurangi penampilan kerut, dan mencerahkan secara alami.

Air Lemon

Berkat kandungan vitamin C yang dimilikinya, air perasan lemon cukup efektif untuk meratakan warna kulit dan mencerahkannya. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, maka gunakan air perasan lemon pada kulit wajah setidaknya dua kali sehari.

Jika Anda memiliki kulit yang tergolong sensitif, sebaiknya pilih kandungan-kandungan lain yang disebutkan di dalam artikel ini. Pasalnya, sifat asam air perasan lemon juga bisa membuat kulit sensitif dan mengalami iritasi.

Rosehip Oil

Bukan tanpa alasan jika selebriti seperti Kate Middleton, Miranda Kerr, dan Gwyneth Paltrow memanfaatkan rosehip oil untuk perawatan kecantikan. Rosehip oil bisa membantu memulihkan warna kulit yang tidak merata akibat usia atau luka.

Baca Juga : Lakukan 3 Cara Ini untuk Hilangkan Kulit Belang

Asam lemak Omega-3, Omega-6, Omega-7, Omega-9, dan karotenoid yang dikandungnya ampuh untuk regenerasi kulit serta mencegah timbulnya kerut. Cara menggunakannya, terapkan pada kulit secara langsung, minimal sekali sehari.

Nigella Sativa (Blackseed Oil)

Nigella sativa atau blackseed oil (minyak biji hitam) bisa membantu mengatasi infeksi kulit karena khasiat antibakteri dan antijamur yang dikandungnya. Antioksidan dan khasiat antiinflamasi di dalam blackseed oil juga bisa membantu meratakan warna kulit dan menjadikan kulit lembut. Sebuah penelitian bahkan menyebut blackseed oil efektif untuk meringankan kondisi vitiligo tanpa efek samping.

Kojic Acid

Biasanya, kandungan ini sering ditemukan di dalam produk pencerah kulit. Kojic acid merupakan kombinasi berbagai jenis jamur yang dihasilkan dari proses fermentasi makanan, antara lain sake Jepang, kecap, dan anggur beras.

Fungsi kojic acid adalah menghambat dan mencegah pembentukan tirosin, asam amino yang dibutuhkan untuk memproduksi melanin. Sementara melanin adalah pigmen yang berperan dalam penggelapan warna kulit.

Cosmetic Ingedient Review Expert Panel memutuskan kojic acid aman untuk digunakan sebagai bahan kosmetik dengan konsentrasi tidak lebih dari 1 persen.

Enzyme Peel

Enzyme peel merupakan produk pengelupas kulit mati yang memanfaatkan eksfoliator alami dari enzim tumbuh-tumbuhan. Bahan yang paling sering digunakan dalam produk seperti ini biasanya enzim pepaya, nanas, delima (pomegranate), dan blueberry.

Enzyme peel bekerja lebih cepat dibandingkan scrub karena cara kerjanya adalah dengan mempercepat proses reaksi kimia yang dibutuhkan untuk regenerasi sel kulit. Selain mengangkat kulit mati, enzyme peel juga memudarkan bekas luka, stretchmark, garis halus, warna kulit yang tidak merata, dan flek.

Glycolic Acid

Perlu Anda ketahui, asam glikolat (glycolic acid) ini dapat membantu mengobati jerawat, bekas luka, dan flek akibat sinar matahari, dan kerutan. Asam glikolat bekerja dengan menembus lapisan kulit, membantu mengelupas sel-sel tua, dan menggantinya dengan sel baru yang lebih sehat.

Asam Salisilat

Asam salisilat (salicylic acid) merupakan kandungan yang ditemukan di dalam produk-produk antijerawat. Kandungan yang satu ini cenderung lebih ringan daripada asam salisilat. Ampuh untuk mengelupas lapisan sel kulit yang rusak, menghaluskan jaringan parut, dan meratakan warna kulit.

Itulah sembilan kandungan alami yang bisa membantu mengatasi warna kulit tidak merata. Tentunya, menggunakan bahan alami lebih baik daripada bahan kimia. So, selamat mencoba rekomendasi kandungan di atas dan semoga bermanfaat.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.