4 Keutamaan Perbanyak Zikir dalam Aktivitas Sehari-hari

Avatar of PortalMadura.com
4 Keutamaan Perbanyak Zikir dalam Aktivitas Sehari-hari
ilustrasi

PortalMadura.Com – Pada dasarnya, banyak sekali ibadah yang diperintahkan untuk dikerjakan Umat Islam supaya mendapat ganjaran atau pahala dari Allah. Salah satu ibadah yang dianjurkan adalah zikir. Dilansir dari Republika.co.id, Minggu (15/9/2019), ternyata memperbanyak zikir dalam sehari-hari menjadi tanda dan identitas seorang Muslim. Begitu pula sebaliknya, orang yang sedikit mengingat Allah SWT merupakan ciri-ciri orang munafik.

Sebagaimana firman Allah SWT: ”Sesungguhnya orang-orang munafik itu menipu Allah dan Allah akan membalas tipuan mereka. Dan, apabila mereka berdiri untuk salat, mereka berdiri dengan malas. Mereka bermaksud riya’ (dengan salat) di hadapan manusia. Dan, tidaklah mereka menyebut Allah, kecuali sedikit sekali” (QS Annisa : 142).

Zikir tidak hanya sebagai identitas keislaman seorang Muslim. Namun lebih dari itu, zikir adalah kebutuhan harian yang mempunyai faedah dan sangat berguna, baik dalam kehidupan dunia ataupun akhirat kelak.

Baca Juga: 3 Keutamaan Berzikir Usai Salat Subuh

Berikut empat keutamaan memperbanyak zikir:

Pertama, dengan memperbanyak zikir maka secara otomatis dosa-dosa pun akan terampuni dan sekaligus mendapatkan pahala yang besar. Allah berfirman: ”Laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Aku telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar” (QS Al Ahzab : 35).

Kedua, zikir akan memperkuat dan menyeimbangkan kejiwaan dalam menghadapi lika-liku kehidupan yang diwarnai dengan banyaknya permasalahan hidup dan berbagai macam musibah. Sebab, zikir dapat menjadikan hati tenang dan tenteram. Sebagaimana janji Allah SWT: ”Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram” (QS Arra’d : 28).

Ketiga, dengan banyak mengingat Allah, maka Allah pun akan banyak mengingat Anda. ”Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku, niscaya Aku ingat (pula) kepadamu (dengan memberikan rahmat dan pengampunan)” (QS Albaqarah : 152).

Keempat, dengan memperbanyak zikir kepada Allah SWT, Anda akan mendapatkan keberuntungan, baik di dunia ataupun di akhirat, sebagaimana firman-Nya. ”Dan, sebutlah (nama) Allah sebanyak-banyaknya agar kamu beruntung” (QS Al Anfal : 45).

Adapun caranya, yaitu dengan melakukan zikir dan doa sesuai dengan yang diajarkan Allah dan Rasul-Nya dalam Alquran dan sunah Nabi. Membaca zikir ini bisa di segala aktivitas umat Islam, mulai dari sebelum tidur sampai akan tidur kembali. Dalam kegiatan sehari-hari umat Muslim memang harus dipenuhi dengan zikir dan doa pada Allah SWT. Wallahu A’lam.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.