4 Khasiat Rutin Mandi Air Dingin untuk Kesehatan

Avatar of PortalMadura.com
4 Khasiat Rutin Mandi Air Dingin untuk Kesehatan
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Apakah Anda salah satu orang yang suka ?. Jika iya, Anda patut berbahagia. Karena, kenyataannya mandi air dingin memiliki banyak khasiat bagi kesehatan, baik fisik atau pun mental.

Apalagi jika Anda melakukannya dengan rutin. Manfaat yang Anda dapatkan tidak kalah dengan air panas. Penasaran apa saja manfaatnya?. Berikut daftarnya:

Melancarkan Sirkulasi Darah
Air dingin yang menyentuh permukaan kulit membuat pembuluh darah di bawah kulit menyusut. Ini jelas memperlambat sirkulasi darah, tetapi mekanisme tekanan darah secara otomatis akan menghancurkan jaringan target.

Baca Juga: 5 Manfaat Dahsyat Mandi Air Dingin Bagi Tubuh

Darah pun akan bersirkulasi dengan kekuatan yang lebih besar dan aliran darah kemudian akan menjadi lebih kuat. Air dingin bisa merangsang sistem peredaran darah, dan dengan demikian akan membuat Anda lebih sehat dan lebih muda daripada orang-orang yang suka mandi air panas.

Meringankan Rasa Sedih
Mandi air dingin disebut bisa meringankan rasa sedih yang dialami seseorang. Studi dari Departemen Onkologi Radiasi di Fakultas Kedokteran Virginia Commonwealth University menunjukkan bahwa mandi air dingin sebentar dapat membantu merangsang titik biru otak Anda. ‘Bintik biru' ini adalah sumber utama noradrenalin, yang merupakan bahan kimia yang membantu mengurangi depresi.

Kesuburan Pria
Mandi air dingin dipercaya dapat meningkatkan kesuburan pada pria. Sebaliknya, mandi air panas buruk bagi testis karena dapat menurunkan jumlah sperma dan membuat Anda kesulitan memiliki anak. Mandi air dingin juga dipercaya meningkatkan kadar testosteron, alias hormon kelaki-lakian seseorang.

Kulit dan Rambut
Air panas menyebabkan kulit dan rambut Anda kering. Oleh karena itu, untuk menghindari kulit kasar, gatal yang mengganggu, dan siku yang pucat, Anda harus mandi air dingin. Air dingin juga bisa memberikan perawatan alami pada rambut Anda dan membuatnya bersinar.

Itulah sederet manfaat rutin mandi air dingin bagi kesehatan. Selamat mencoba.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.