4 Khasiat Tersembunyi Minyak Kelapa untuk Merawat Kecantikan Kulit

Avatar of PortalMadura.com
4 Khasiat Tersembunyi Minyak Kelapa untuk Merawat Kecantikan Kulit
ilustrasi

PortalMadura.Com – Biasanya beberapa jenis minyak dimanfaatkan untuk keperluan memasak, seperti minyak kelapa. Namun di dunia kecantikan, ternyata minyak kelapa terkenal memiliki banyak khasiat.

Lantas, apa saja kegunaan minyak kelapa untuk perawatan kecantikan?. Berikut ini ulasannya:

Menghapus Makeup
Founder Epionce Skincare, Dr. Carl Thornfeldt mengatakan, bahwa minyak kelapa aman digunakan sebagai penghapus makeup. Celupkan kapas ke dalam minyak kelapa, lalu usapkan pada wajah untuk menghapus makeup.

Kemudian, keringkan wajah dengan tisu, setelah itu bersihkan wajah menggunakan facial foam dan dilanjutkan dengan toner. Namun bagi Anda yang kulitnya berjerawat, perlu berhati-hati menggunakan produk ini. Salah-salah bisa memperparah kondisi kulit.

“Kandungan minyak memiliki antioksidan yang dapat menenangkan kulit jika terkena iritasi, namun seperti minyak pada umumnya, penggunaan minyak kelapa pada kulit yang rentan berjerawat dapat menimbulkan komedo, juga dapat menyumbat pori-pori, sehingga sebaiknya digunakan sesuai anjuran dokter,” kata dermatologist Kathleen Suozzi.

Suozzi juga mengatakan, minyak kelapa bisa menyebabkan iritasi pada kulit sensitif, atau bahkan dalam beberapa kasus, dapat menyebabkan alergi yang dinamakan allergic contact dermatitis. Untuk kulit sensitif, ia menyarankan cara menggunakan minyak kelapa yang benar adalah dengan menggunakan hanya seujung jari, lalu diratakan ke seluruh wajah. Kemudian basuh muka dengan air hangat untuk menghapus sisa minyak.

Mencukur Rambut Kaki
Penggunaan minyak kelapa dapat melindungi kulit dari iritasi setelah mencukur rambut di tubuh. “Minyak kelapa dapat digunakan sebagai moisturizer yang dapat membantu melapisi permukaan kulit,” kata Suozzi.

Cukup ambil sedikit minyak kelapa ketika sedang mandi dan cukur rambut seperti biasa.

Melembutkan Bibir
Minyak kelapa dapat menggantikan lip balm untuk melembapkan bibir yang kering. Menurut seorang pakar kecantikan dari Sonya Dakar Skin Clinic, Sonya Dakar mengatakan, bahwa kandungan minyak kelapa serupa dengan lip balm.

“Cukup ambil sedikit minyak kelapa kemudian taruh di wadah kecil agar lebih mudah kamu bawa kemana-mana,” kata Dakar.

Sebagai Pengganti Mouthwash
Menurut dokter gigi, Mark Burhenne dari American Dental Association, minyak kelapa dapat menggantikan produk pencuci mulut atau mouthwash yang biasa dijual di pasaran. Kandungan vitamin E, juga lauric acid yang mengandung antibakteri dan antijamur pada minyak kelapa bisa membantu membersihkan mulut setelah sikat gigi. (detik.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.