oleh

4 Kiat Sukses Bisnis Editing Naskah

PortalMadura.Com – Seiring membaiknya tingkat pendidikan di Indonesia, semakin berkembang pula penerbitan buku, karya tulis, cerpen, karya akademis dan jurnal ilmiah. Tidak sedikit juga penerbit indie yang belum bisa mempekerjakan pegawai tetap.

Kebanyakan mereka membutuhkan jasa freelancer editor agar naskah yang akan diterbitkan layak naik cetak. Nah, hal ini sebenarnya menjadi peluang bisnis yang sangat prospektif bagi jasa editing naskah.

Selain tegolong ringan dan tidak terlalu menguras tenaga, bisnis ini juga bisa dijalankan di sela-sela mengurus rumah tangga atau dijadikan bisnis sampingan saat sedang WFH (Work From Home).

Jika Anda merasa tertarik menjalankan bisnis editing buku, tugas pentingnya adalah mengoreksi penulisan kata yang salah, membetulkan tanda baca yang keliru, membenahi kata penghubung, serta melakukan sinkronisasi kalimat dan koherensi paragraf.

Dilansir Okezone.com, yang mengutip dari buku Profesional dan Mapan Lewat Bisnis Recehan karya John Afifi, berikut kiat sukses bisnis editing naskah:

1. Cari lowongan editor di penerbit-penerbit indie yang ada di internet. Bila ingin bekerja lebih profesional, tawarkan jasa editing ke penerbit buku lokal di kota terdekat.

2. Bersemangatlah dalam mengedit naskah. Alokasikan waktu untuk mengedit naskah, jika mulai suntuk rileksasikan diri terlebih dahulu kemudian lanjutkan kembali.

3. Usahakan mengedit setiap hari supaya pekerjaan lekas selesai dan cepat mendapatkan honor. Jangan lupa senantiasa perbaiki kualitas editing supaya penerbit memberi penilaian positif.

4. Jika sedang sepi job (pekerjaan), coba tawarkan jasa editing ke penerbit yang lebih besar. Bukan tidak mungkin diterima dan mendapatkan job dengan honor yang lebih besar.

Itulah kiat sukses menjalani bisnis editing naskah. Semoga bermanfaat dan menjadi pekerjaan sampingan Anda di rumah. Lumayan kan buat biaya hidup sehari-hari jika terus ditekuni dengan baik?.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : Okezone.com

Komentar