4 Makanan yang Sebaiknya Tak Dikonsumsi Saat Diare

Avatar of PortalMadura.com
4 Makanan yang Sebaiknya Tak Dikonsumsi Saat Diare
ilustrasi

PortalMadura.Com – Pemicu bermacam-macam, salah satunya karena mengonsumsi atau minuman yang tidak bersih. Kendati tidak terlalu berbahaya, namun diare bisa mengganggu aktivitas yang berujung tidak maksimal dalam bekerja atau hal lainnya.

Untuk menghindari kondisi lebih buruk, sebenarnya ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi saat diare. Mengonsumsi makanan tersebut akan memperburuk keadaan, sehingga proses penyembuhan melambat.

Berikut empat jenis makanan yang sebaiknya Anda hindari saat diare:

Makanan Tinggi Gas
Makanan seperti kacang, brokoli, kembang kol, dan bawang merah, akan menyebabkan ketidaknyamanan dalam perut dan memperburuk diare. Sebaiknya Anda mengonsumsi sayuran hijau, seperti timun dan bayam. Makanan tersebut dapat Anda konsumsi dalam keadaan mentah.

Makanan Tinggi Lemak dan Gula
Saat sedang diare, sebaiknya hindari makanan olahan yang tinggi lemak dan gula. Kedua makanan tersebut menyebabkan kontraksi dalam usus dan bereaksi dalam organ pencernaan Anda. Selain itu, mengonsumsi gula akan membuat perut Anda kembung dan menjadi tidak nyaman.

Sebagai penggantinya, Anda dapat mengonsumsi makanan yang mengandung protein tanpa lemak atau makan lain yang direbus.

Susu dan Olahannya
Bagi para pecinta susu, sebaiknya hentikan kebiasaan mengonsumsinya saat sedang diare. Susu mengandung laktosa. Saat sedang diare, enzim laktase yang mengurainya berkurang, sehingga Anda justru akan mengalami kembung dan mual ketika mengonsumsinya.

Ketika sedang diare, salah satu produk susu olahan yang bisa Anda konsumsi yaitu yogurt. Hal ini karena yogurt memiliki jumlah probiotik tinggi, yang membantu membasmi bakteri penyebab diare. Selain itu, pastikan Anda mengonsumsi yogurt alami tanpa gula.

Kopi, Teh, dan Minuman Beralkohol
Ketiga minuman ini menyebabkan iritasi pada saluran pencernaan. Saat diare, tentu minuman ini akan membuat Anda semakin tidak nyaman. Sebaiknya, hindari minuman ini sekitar satu minggu setelah sembuh dari diare. (merdeka.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.