oleh

4 Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kecantikan Kulit

PortalMadura.Com – Pada umumnya, jeruk nipis di Indonesia dimanfaatkan dalam dunia kuliner. Biasanya, masyarakat negeri ini menambahkan buah yang satu ini di beberapa masakan untuk memberikan sentuhan rasa asam.

Tidak hanya itu saja, jeruk nipis juga biasa diseduh dengan air dingin ataupun air hangat untuk dijadikan minuman segar. Buah ini memang sudah lama diketahui memiliki banyak manfaat untuk kesehatan berkat kandungan vitamin C dan potasium di dalamnya yang cukup tinggi.

Selain itu, ternyata jeruk nipis tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh, namun juga memiliki beberapa khasiat untuk kecantikan. Mulai dari bisa mengatasi masalah ketombe, hingga dapat menjaga kecantikan kulit. Lantas, apa saja manfaat jeruk nipis bagi kecantikan?.

Baca Juga: Hati-hati, Ini 3 Bahaya Sering Minum Jus Jeruk Nipis

Berikut empat cara untuk mendapatkan kulit cantik dengan jeruk nipis, seperti dilansir Merdeka.com yang mengutip dari Style Craze:

Mempercantik Kulit

Jeruk nipis mengandung vitamin C yang tinggi sehingga dapat berfungsi sebagai antioksidan dan penangkal radikal bebas dari sel-sel tubuh. Kandungan tersebut juga dapat merangsang pertumbuhan kolagen.

Untuk mendapatkan manfaat terbaik dari jeruk nipis, minumlah air perasan jeruk nipis yang dicampur dengan air secara rutin. Maka Anda akan mendapatkan kulit yang cantik dan awet muda.

Menyamarkan Kantung Mata

Selain jerawat, kantung mata juga bisa menjadi permasalahan kulit yang kerap mengganggu penampilan. Nah, jeruk nipis bisa dimanfaatkan untuk mengatasinya.

Cara memanfaatkannya, Anda tinggal mencelupkan cotton buds ke dalam air perasan jeruk nipis, kemudian oleskan ke kantung mata. Diamkan selama 30 menit, lalu bersihkan kembali wajah Anda.

Mengatasi Jerawat

Buah-buahan yang mengandung asam tinggi seperti lemon dan jeruk nipis bisa digunakan untuk mengatasi dan mencegah jerawat. Sebab, sifat asam dalam buah-buahan tersebut mirip dengan pH alami kulit manusia, sehingga bisa menangkal bakteri dan kuman yang menjadi penyebab jerawat.

Untuk mengatasi jerawat yang membandel, Anda bisa membuat masker dari jeruk nipis. Caranya, buat campuran masker dari air perasan jeruk nipis dan madu. Oleskan di wajah dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu, bilas kembali wajah dengan air bersih. Pakailah masker ini setidaknya seminggu sekali agar Anda mendapatkan hasil yang maksimal.

Mencerahkan Kulit

Jeruk nipis juga bisa mencerahkan kulit secara alami. Anda bisa menggunakan masker dan lulur dari jeruk nipis. Caranya, Anda bisa membuat campuran dari yogurt dan air perasan jeruk nipis. Kemudian, oleskan ke seluruh tubuh.

Setelah itu, lakukan pijatan ringan dengan gerakan melingkar agar nutrisi dalam lulur bisa diserap oleh kulit. Lalu, bersihkan tubuh dengan mandi seperti biasa. Lulur ini juga dipercaya cocok untuk merawat kulit yang terbakar setelah terpapar sinar matahari. Selamat mencoba!

Rewriter : Salimah
Sumber : merdeka.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar