oleh

4 Manfaat Menakjubkan Santan Kelapa bagi Kesehatan

PortalMadura.Com – Kelapa merupakan salah satu buah yang kaya akan manfaat. Bukan hanya buahnya, tapi seluruh batang, daun dan lainnya juga mempunyai manfaat masing-masing. Hasil olahan dari buah kelapa salah satunya santan.

Ternyata santan memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh. Selain itu, santan juga bisa memberikan rasa gurih jika tercampur dalam makanan. Ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh tubuh jika mengonsumsi santan. Apa saja?

Berikut ulasannya:

Menyeimbangkan Berat Badan
Sebuah penelitian menyebutkan kalau tidak mengonsumsi makanan berlemak sehat justru bisa membuat gendut. Jadi dapatkan asupan lemak sehat dari ‘susu kelapa’ demi menyeimbangkan berat badan.

Meningkatkan Sistem Imun
‘Susu kelapa’ mengandung asam laurat yang merupakan agen anti mikroba, anti jamur, dan anti virus. Sehingga mengonsumsi ‘susu kelapa’ mampu meningkatkan sistem imun dan mencegah berbagai macam penyakit.

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung
Penelitian lain memaparkan kalau konsumsi ‘susu kelapa’ dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung. Sebab asam lemak rantai medium mampu membunuh bakteri yang menyebabkan penggumpalan dalam pembuluh arteri.

Menyehatkan Kulit dan Rambut
‘Susu kelapa’ juga memberi khasiat tersendiri bagi kulit dan rambut. Selain dikonsumsi, santan bisa digunakan sebagai masker kulit dan rambut untuk membuat kedua bagian tubuh tersebut lebih lembut dan berkilau.

Itulah khasiat utama dari ‘susu kelapa’ atau santan. Selain dijadikan bahan makanan berupa opor atau kari, santan juga bisa diolah menjadi minuman segar menyehatkan seperti kolak. (merdeka.com/Desy)