Para Orang Tua, Begini 3 Cara Efektif Dampingi Remaja Anda Bermedsos Secara Bijak

Avatar of PortalMadura.com
Para Orang Tua, Begini 3 Cara Efektif Dampingi Remaja Anda Bermedsos Secara Bijak
ilustrasi

PortalMadura.Com – Remaja saat ini jika memiliki akun di Media Sosial (Medsos) tentu bukan hal yang baru lagi. Mulai dari Instagram, Facebook, WhatsApp, Line, Twitter hingga media sosial lainnya.

Bahkan, hampir tiap detik mereka aktif ‘berselancar’ di media sosial. Parahnya lagi, waktu mereka habis hanya untuk memelototi gawai. Waktu bersosialisasi dengan anggota keluarga, teman pun menjadi berkurang.

Sebagian besar dari mereka memanfaatkan media sosial untuk keluh kesah atau sekadar hura-hura. Menyebar informasi yang belum tentu kebenarannya. Yang lebih miris, ada beberapa remaja berani membuat grup dengan saling sebarkan video tidak sopan. Belum lagi kata-kata kotor dan bahasa kurang bijak dilontarkan. Ada juga yang mengunggah gambar dirinya saat bermesraan dengan pacar. Tapi inilah kenyataan terjadi. Namun, apakah semua orang tua mengetahui hal ini?.

Untuk itu, dibutuhkan peran orang tua untuk mengantarkan generasi muda menjadi lebih baik. Lantas, bagaimana caranya?.

Berikut tiga cara yang orang tua bisa lakukan untuk membantu remaja menggunakan media sosial secara bijak:

Ubah Keluh Kesah dengan Tulisan
Ubah keluh kesah yang ditulis di media sosial dengan puisi, cerita atau reportase. Anda sebagai orang tua tentunya juga harus memberi contoh. Suatu saat akan bisa diambil manfaatnya, bisa berupa buku. Insya Allah anak akan tertarik. Jangan lupa berteman dengan anak di media sosial agar bisa terus memantau.

Membuat Grup Bermanfaat
Buat grup yang bermanfaat. Misalnya, grup keluarga yang hanya boleh kirim berita keluarga dan tulisan pribadi. Beri komentar atau masukan yang membangun. Lebih baik beri hadiah kecil, misalnya membelikannya es krim.
Larang kirim foto atau tulisan yang bukan dari diri sendiri alias tidak boleh kopas. Kalau ketahuan beri hukuman. Ikutkan anak-anak ke grup menulis atau grup-grup lain yang inspiratif dan bermanfaat. Segera sarankan keluar dari grup jika anak ketahuan ikut grup yang kurang baik.

Selalu Memantau
Selalu berteman dengan anak di media sosial dan jangan pernah lepas memantaunya. Hal ini harus diterapkan agar tidak ada rahasia lagi antara anak dan orang tua. Kalau anak tidak mau, berarti ada hal yang dirahasiakan. Tanamkan bahwa hal ini demi kebaikan bersama.

Orang tua tidak bisa melarang remaja menggunakan media sosial. Yang perlu Anda lakukan adalah mengarahkannya ke hal-hal positif dan bermanfaat di media sosial. Penggunaan medsos secara bijak akan dapat membawa remaja menjadi berkarakter, berakhlak mulia, dan berbudi pekerti baik. Bahkan, bukan tidak mungkin akan mengantar anak ke pintu kesuksesan. (kompas.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.