oleh

4 Obat Alami yang Ampuh Atasi Maag

PortalMadura.Com – Anda Punya riwayat penyakit maag?. Tentu itu sangat mengganggu dan sering kali menyiksa penderitanya, terlebih penyakit tersebut kambuh di saat yang tidak tepat.

Selain penggunaan obat, ternyata ada bahan-bahan alami yang bisa Anda coba untuk mengatasi maag lho.

Nah, berikut empat obat alami yang bisa Anda coba untuk mengatasi maag seperti yang dilansir dari gadis.co.id.

Teh Chamomile

Selain bisa digunakan untuk perawatan kecantikan, teh juga memiliki banyak manfaat untuk menenangkan saluran pencernaan.

Teh chamomile mengandung zat polifenol yang berperan sebagai antioksidan dan mampu menurunkan asam lambung.

Sebaiknya, teh ini dikonsumsi sebelum tidur karena di dalamnya terdapat kandungan kafein yang rendah. Dapat dipastikan, setelah mengkonsumsinya, pencernaan Anda akan mereda dan tidur Anda jauh lebih nyenyak.

Jahe

Rempah yang satu ini sudah tidak asing lagi bukan ? Ya, rempah ini selain bisa dijadikan bumbu masakan, juga dapat dijadikan obat maag alami yang mujarab.

Mengonsumsi jahe bisa memberikan efek gastroprotektif. Selain itu jahe mampu menurunkan tingkat asam lambung dan menghadang pertumbuhan bakteri perut Helicobacter pylori.

Anda bisa mengonsumsi jahe dengan menjadikannya teh. Caranya, cukup rebus satu atau dua potongan jahe bersama air hangat. Agar lebih nikmat, kamu juga boleh menambahkan perasan lemon ataupun menambah madu.

Anda bisa menikmati meniman ini setiap sebelum makan untuk meredakan sakit maag, kamu bisa mengonsumsi jahe setiap sebelum makan.

Baca Juga : Cara Ampuh Usir Maag Dengan Biji Alpukat

Lidah Buaya

Siapa yang tidak tahu dengan lidah buaya atau yang lebih dikenal dengan aloe vera? hampir setiap orang mengetahui jenis tanaman ini karena kandungan alaminya sebagai bahan alami kecantikan.

Tapi, tahukah Anda bahwa lidah buaya juga ampuh mengatasi sakit maag lho. Mengonsumsi lidah buaya sebelum makan, produksi asam lambung yang berlebih akan berkurang.

Selain itu, lidah buaya juga bermanfaat membuang racun, mendorong pergerakan usus, dan melancarkan sistem pencernaan.

Madu

Bahan alami ini memang sudah tidak diragukan lagi manfaatnya untuk kesehatan tubuh, termasuk dalam hal mengatasi maag.

Madu memiliki peran sebagai antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas penyebab kerusakan sel-sel lapisan saluran pencernaan.

Kandungan gula alaminya juga bersifat anti-bakteri, yang berarti efektif meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk dikonsumsi. Di antaranya, dapat dikonsumsi secara langsung, diseduh dengan air hangat, maupun dicampurkan dengan teh.

Namun, akan lebih terasa lagi manfaatnya bila dikonsumsi di pagi hari ataupun saat perut dalam keadaan kosong.

Itulah empat bahan alami yang bisa Anda coba di rumah untuk mengatasi maag. Semoga bermanfaat.

Rewriter: Nanik Dwi Jayanti
Sumber : gadis.co.id
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE