4 Penyebab Mobil Keluar Asap Hitam

Avatar of PortalMadura.com
Editor: Desy Wulandari
4 Penyebab Mobil Keluar Asap Hitam
Ilustrasi (SINDOnews)
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Mesin merupakan komponen yang wajib dirawat secara rutin. Jika tidak maka akan menimbulkan berbagai masalah pada mobil atau saat berkendara. Salah satunya yaitu keluar kepulan asap hitam yang bau dari kenalpot mobil. Hal ini jangan dianggap sepele karena ini menjadi pertanda mesin mobil mengalami kerusakan.

Kepulan asap yang keluar dari knalpot bisa menyebabkan polusi udara. Oleh karena itu, hal ini harus segera diatasi. Ternyata, ada beberapa faktor yang menyebabkan asap hitam keluar dari knalpot mobil. Apa saja? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman detik.com yang dikutip dari Auto2000, berikut ini penjelasannya:

Penyebab Mobil Bensin Mengeluarkan Asap Hitam

Filter Kotor

Salah satu penyebab utama asap hitam dari knalpot adalah filter yang kotor. Kotoran akan menghalangi udara bersih mencapai mesin sehingga mempengaruhi sistem kontrol emisi. Hal ini mengakibatkan udara yang masuk ke ruang bakar menjadi berkurang, sehingga pembakaran menjadi tidak sempurna.

Sensor Oksigen Buruk

Fungsi utama dari bagian ini untuk mengirimkan informasi ke unit kontrol mesin agar bisa menjalankan mobil secara efisien serta mencegah emisi apa pun. Ketika sensor oksigen buruk, mobil pasti akan berjalan kurang efisien, konsumsi bahan bakar yang tinggi, idle yang buruk, masalah start yang sulit, dan berbagai faktor lainnya.

Penyebab Mobil Diesel Mengeluarkan Asap Hitam

Filter Udara Tersumbat

Mesin yang berfungsi dengan normal akan membakar semua bahan bakarnya dan hanya mengeluarkan CO2 dan air. Namun, ketika bahan bakar hanya terbakar sebagian, asap hitam akan keluar dari knalpot.

Ketika hal ini terjadi, Anda harus memeriksa filter udara untuk melihat apakah terjadi penyumbatan karena kotor. Jika mampet, sebaiknya Anda segera membawa mobil ke bengkel resmi untuk diperbaiki.

Sensor Mass Air Flow (MAF) yang Buruk

Sensor MAF ini memiliki tujuan utama untuk memastikan bahwa jumlah bahan bakar yang tepat dicampur dengan udara yang masuk ke mesin. Namun, jika sensor MAF bermasalah maka pencampuran yang tidak sesuai dapat terjadi.

Hal ini seperti banyaknya aliran udara yang masuk ke sistem sehingga mengakibatkan kelebihan bahan bakar yang mengalir ke mesin. Alhasil, bahan bakar yang tidak terbakar dengan baik menyebabkan asap hitam keluar dari knalpot mobil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.