oleh

4 Pola Makan yang Perlu dihindari Agar Tubuh Lebih Sehat Selama Ramadan

PortalMadura.Com – Berpuasa akan memberikan banyak sekali manfaat bagi tubuh Anda jika Anda mampu mengatur pola makan dengan baik dan menjaga pola istirahat yang baik pula. Saat hendak berbuka puasa, kebanyakan orang akan mempersiapkan banyak makanan untuk disantap saat berbuka, mulai dari jajanan manis, aneka kue, sampai makanan berat seperti nasi dengan serba-serbi lauk-pauk. Namun tahukah Anda bahwa makan termasuk hal yang sangat penting diperhatikan selama bulan ramadan.

Saat berpuasa hendaknya diimbangi dengan banyak mengonsomsi makanan yang bergizi dan menyehatkan, jangan hanya sekedar nyaman dilidah tetapi harus mampu menjadi sumber energi bagi tubuh untuk berpuasa esok hari. Sebagaimana dilansir dari Fimela.Com yang melansir dari muslimmatters.Org, Senin (19/4/2021) ada empat pola makan yang sebaiknya dihindari selama bulan Ramadan diantaranya:

Berbuka Puasa dengan Makanan Berminyak

Makanan berminyak saat di konsumsi dalam keadaan perut kosong akan menyebabkan gangguan pencernaan, apalagi dalam jumlah yang banyak, dikhawatirkan akan membuat perut terasa sakit atau kembung. Hendaklah mengurangi mengonsumsi makanan mengandung minyak yang berlebih sejenis gorengan saat berpuasa. Dianjurkan mengonsumsi buah-buahan yang segar, utamanya buah kurma, selain karena sunah kurma juga sangat efektif untuk menaikkan gula darah karena mudah dan cepat diserap oleh tubuh. Jika tidak ada kurma, air putih bisa menjadi minuman terbaik untuk berbuka puasa.

Makan Terlalu Cepat

Untuk mengirim sinyal kenyang kenyang kepada perut, otak butuh waktu waktu 15-20 menit. Oleh karena itu, hendaklah makan jangan terlalu cepat, beri kesempatan kepada otak untuk mengirim sinyal pada perut, dan hendaklah saat setelah berbuka puasa dan sahur, duduklah dengan nyaman. Kunyah makanan perlahan dan nikmati setiap suapan tanpa terburu-buru.

Sedikit Minum

Kebiasaan ini penting sekali untuk dihindari dan diganti. Sedikit minum akan menyebabkan tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi, dan gangguan pencernaan lain. Setidaknya dalam kurun waktu tersebut, minumlah 8 gelas air putih.

Tidak Makan Sahur

Banyak orang yang takut untuk makan sahur, khawatir berat badan bertambah dan menjadi gemuk. padahal jika sahur ini dilakukan sesuai dengan sunah, justru akan menyehatkan. . Siapkan makanan sahur yang mengandung protein dan serat sehingga bisa memberi cukup energi bagi tubuh untuk beraktivitas esok hari saat berpuasa.

Semoga ramadan ini akan menjadikan diri kita sebagai insan yang selalu bersyukur atas segala nikmat yang Allah berikan. hindari beberapa hal di atas agar puasa Anda menjadi lancar. Semoga bermanfaat.

Rewriter : Fianolita Purnaningtias
Sumber : Fimela.com

Komentar