oleh

4 Tips Agar Bibir Tetap Sehat Bebas Kering Saat Berpuasa

PortalMadura.Com – Saat berpuasa, tubuh kita menghemat energi dan mengalami kekurangan cairan. kapasitas air di dalam tubuh yang berubah ini tentu memengaruhui kondisi kulit. Oleh itu, betapa pentingnya menjaga asupan air dalam tubuh. Karena jika tidak, tubuh kita akan mengalami dehidrasi yang akan membuat kulit menjadi tidak ternutrisi, seperti kulit bibir cenderung kering, pecah-pecah, dan menghitam.

Hal yang seperti ini biasanya akan memicu rasa tidak percaya diri pada setiap orang. Lebih-lebih rasa kurang nyaman yang akan semakin membuat Anda merasa risih. Namun tahukah Anda bahwa yang demikian ternyata bisa diatasi dengan beberapa cara. Dilansir dari Fimela.Com, Kamis (15/4/2021) inilah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kulit kuring dan tetap sehat meski saat berpuasa:

Lakukan Scrub Bibir

Salah satu penyebab bibir yang kering dan menghitam itu karena banyaknya sel kulit mati yang menumpuk. Karena itu penting rasanya untuk rutin melakukan scrub bibir. Sama halnya dengan kulit tubuh, kulit bibir juga butuh eksfoliasi untuk mengangkat sel kulit mati agar tidak menumpuk.

Anda bisa melakukan tips ini dengan produk pasaran yang sudah teruji keamanannya atau menggunakan bahan alami dapur, seperti dengan butiran gula pasir yang dicampur dengan minyak zaitun atau madu. Tapi pastikan melakukannya saat malam hari ya, karena jika Anda melakukannya siang hari, nanti puasanya bisa batal loh.

Menggosok dengan Gosok Gigi

Jika Anda malas melakukan scrub bibir, Anda bisa mencoba cara lain, yaitu dengan menggosok perlahan area bibir dengan gosok gigi dengan bulu yang lembut, langkah ini juga efektif untuk mengangkat sel kulit mati yang membuat bibir kering dan menghitam. Tapi jangan sampai terlalu keras ya, di khawatirkan akan membuat bibir Anda iritasi dan luka.

Selalu Gunakan Lip Balm

Tips ini merupakan cara andalan untuk mencegah dan mengatasi bibir kering dan menghitam. Pilihlah kandungan lip balm dengan vitamin C dan E sehingga bisa membantu mencerahkan bibir yang hitam dan juga melembapkannya.

Hindari Penggunaan Lipstik Matte

Lipstik matte termasuk pada lipstik dengan formula berat dan cenderung memiliki pigmentasu warna yang sangat intensif. Penggunaan lipstik matte secara berlebihan akan memicu terjadinya bibir kering dan hitam, lebih-lebih saat menjalankan puasa dimana tubuh kita harus menghemat kandungan air yang terdapat dalam tubuh.

Itu dia 4 tips agar bibir Anda tetap sehat dan terawat sehingga terhindar dari kondisi bibir yang kering, pecah-pecah bahkan menghitam. Lakukan beberapa tips di atas secara terus-menerus agar mendapatkan hasil yang maksimal. Semoga bermanfaat.

Rewriter : Fianolita Purnaningtias
Sumber : Fimela.com

Komentar