oleh

4 Tips Menerapkan Strategi Belajar Bagi Remaja

PortalMadura.Com –  Setiap remaja hendaknya belajar dengan usaha yang optimal agar dapat meraih prestasi akademik yang memadai. Belajar merupakan persiapan untuk pendidikan yang lebih tinggi di perguruan tinggi atau untuk memasuki dunia kerja.

Untuk itu, remaja perlu menerapkan strategi terbaik untuk meraih prestasi yang optimal. Berikut ini tips-tips yang dapat dilakukan dalam menerapkan strategi belajar.

Atur Jadwal
Buatlah jadwal belajar dengan detail. Jadwal belajar yang baik, tidak hanya diisi dengan belajar, tapi juga harus ada jadwal istirahat nya. Biar ingat jadwalnya, tempel di tempat yang sering kamu lihat dan kontrol diri untuk selalu mematuhinya.

Atur Suasana
Suasana juga sangat menunjang dalam belajar kamu. Untuk itu, atur suasana
tempat belajar yang tenang dan nyaman. Pilih posisi belajar yang tidak terlalu dekat maupun terlalu jauh dengan lampu, dan singkirkan semua barang yang nggak penting karena itu bisa mengganggu konsentrasi.

Alat atau Sarana
Peralatan yang digunakan dalam belajar, seperti buku, Alat  tulis, dan sumber belajar yang diperlukan hendaknya dipersiapkan sebaik mungkin dan jangan ada yang terlewatkan.

Baca Ulang
Semua bahan yang sudah dipelajari, terutama bagian atau rumus penting yang sudah kamu tandai tadi, baca berulang kali. Kalau perlu buat rangkuman di selembar kertas supaya kamu bisa membacanya di mana saja. Sesaat setelah kamu bangun tidur pada pagi hari, baca lagi point penting yang sudah kamu pelajari, karena saat itu adalah saat yang paling baik untuk mengingat nya. (bk/choir)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.