oleh

4 Tips Sembuhkan Kulit yang Terbakar Sinar Matahari

PortalMadura.com – Indonesia termasuk pada negara dengan iklim tropis, dimana cuaca hangat sepanjang hari dan tidak ada musim dingin. Oleh itu penting sekali rasanya begi kita menyiapkan perawatan khusus bagi kulit agar tidak sampai terbakar sinar matahari, karena selain baik untuk kebutuhan tubuh dan produksi vitamin D, ternyata sinar matahari juga memiliki dampak buruk jika berlebihan, misal kangker kilit dan iritasi.

Namun, Jika Anda mengalami iritasi karena terbakar sinar matahari, Anda tidak perlu khawatir, sebagaimana dilansir dari lifestyle.kompas.com, Minggu (5/9/2021) berikut adalah cara yang direkomendasikan para ahli untuk mengobati luka terbakar matahari :

Minum Obat Pereda Nyeri

Umumnya saat kulit mengalami iritasi atau luka terbakar karena sinar matahari maka akan terasa sangat nyeri, maka disarankan untuk meminum obat pereda rasa nyeri agar mengurangi rasa sakitnya yang sudah terlanjur terjadi.

Menyejukkan Kulit

Langkah selanjutnya untuk mengobati kulit yang mengalami luka terbakar matahari adalah dengan memberikan sensasi sejuk pada kulit, misal dengan menggunakan kompres dingin pada permukaan kulit atau dengan mengoleskan gel lidah buaya atau minyak zaitun pada kulit yang mengalami iritasi.

Gunakan Produk Membantu Pemulihan

Beberapa produk pemulihan itu bisa seperti madu, atau dengan mengonsumsi vitamin D dengan dosis yang tinggi. Anda juga bisa konsultasi dengan dokter untuk meminta rekomendasi produk yang sesuai dengan jenis iritasi kulit yang Anda alami

Biarkan Proses Berjalan Alami

Kulit yang luka karena sinar matahari, bukanlah masalah besar, dalam beberapa waktu akan mengelupas sendiri, tetapi jangan mencoba untuk mengangkatnya secara paksa, agar tidak menyebabkan jaringan parut.

Masalah iritasi dan luka terkena sinar matahari bukan termasuk pada masalah besar yang harus membebani pikiran. Anda hanya butuh waktu 7 sampai 10 hari untuk kulit Anda kembali pulih, setidaknya ini tergantung pada tingkat keparahan luka bakar, lokasi luka dan tipe kulit Anda. Namun beberapa tips di atas akan membantu Anda dalam proses mengatasi masalah kulit terbakar sinar matahari. Semoga bermanfaat.

Rewriter : Fianolita Purnaningtias
Sumber : lifestyle.kompas.com

Komentar