Wisata  

4 Fakta Unik dan Menarik Candi Borobudur

Avatar of PortalMadura.com
4-Fakta-Unik-dan-Menarik-Candi-Borobudur
Ilustrasi (tic.wonderin.id)

PortalMadura.Com – Candi Borobudur merupakan Candi Buddha yang terletak di Magelang, Jawa Tengah tidak jauh dari Kota Yogyakarta. Keberadaannya tidak hanya terkenal di kancah nasional saja, namun juga tingkat international. Peninggalan sejarah yang menakjubkan ini begitu istimewa. Bagaimana batu-batuan disusun dan dibentuk sedemikian rupa sehingga membentuk sebuah bangunan bernilai seni tinggi.

Namun tahukah Anda, Sebagaimana dilansir dari Kumparan.Com, Senin (10/5/2021) dibalik keindahan dan sejarahnya yang memesona, ternyata terdapat sejumlah fakta unik dari Candi Borobudur yang harus Anda tahu :

Ada Campur Tangan Sir Thomas Stamford Raffles

Raffles adalah gubernur jenderal Inggris atas Pulau Jawa. Selama masa jabatannya di Jawa, dia pernah menuliskan sebuah buku berjudul The History of Java atau Sejarah Pulau Jawa. Dalam bukunya, Raffles menggambarkan tentang penemuannya yang berupa gundukan bebatuan besar yang terkubur tanah dan tertutup semak belukar. Dari bukunya juga lah, nama Candi Borobudur pertama kali dituliskan.

Baca Juga:  Bulan Muharam, Prasasti Berisi Wasiat Panembahan Sumolo Dikembalikan ke Tempat Semula

Satu Garis Lurus

Borobudur berada di daerah yang subur dan strategis. Candi buddha ini diapit dua pasang gunung yaitu Gunung Merapi dan Merbabu, Gunung Sindoro dan Sumbing. Lalu, Pegunungan Menoreh pun ikut bagian untuk ‘menjaga’ Candi Borobudur. Istimewanya lagi, dua sungai, Progo dan Elo, mengelilingi Candi Borobudur. Keunikan lainnya adalah berada di dalam satu garis lurus dengan Candi Pawon dan Candi Mendut yang berada di sebelah timurnya.

Seolah Dilindungi oleh Alam

Posisinya yang sangat strategis dan dikelilingi keindahan alam berupa Gunung Merapi dan Gunung Merbabu, serta Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Membuat keberadaan Candi Borobudur terjaga keindahannya.

Setiap relief merupakan gambaran kisah kehidupan Buddha

Nah, bila kamu amati, terdapat relief pada dinding-dinding candi. Hebatnya, relief tersebut bukan sekedar hiasan. Total 1460 relief pada dinding candi berkisah tentang kehidupan Buddha. Salah satu contohnya adalah kisah kelahiran Buddha yang diceritakan pada kisah relief Jataka dan Awadana.

Baca Juga:  Bulan Muharam, Prasasti Berisi Wasiat Panembahan Sumolo Dikembalikan ke Tempat Semula

Nah, itulah beberapa fakta menarik dari Candi Borobudur yang harus Anda tahu. Hingga kini, Borobudur masih menyimpan banyak misteri. Membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk menguaknya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.