422 Calon Jemaah Haji Sampang Gagal Berangkat

Avatar of PortalMadura.com
422 Calon Jemaah Haji Sampang Gagal Berangkat
Kasi Haji dan Umrah, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Sampang, Fathorrahman (Foto: Rafi @portalmadura.com)

PortalMadura.Com, Sampang – Sebanyak 422 calon jemaah haji (CJH) Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, batal berangkat di tahun 2021 akibat pandemi Covid-19.

Kasi Haji dan Umrah, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Sampang, Fathorrahman menyampaikan, pemerintah Arab Saudi belum memberikan ketentuan kuota calon jemaah haji dari Indonesia. Selain itu, kendala kasus virus corona.

Sebelumnya, Sebelumnya, Pemerintah melalui Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas memastikan Indonesia tidak memberangkatkan haji 2021.

Baca Juga : Resmi, Indonesia Tak Berangkatkan Haji 2021

Menurutnya, ada kebijakan untuk CJH gagal berangkat melalui Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 660 tahun 2021 tentang Pembatalan Keberangkatan Jamaah Haji pada Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1442 H/2021 M.

“Calon jemaah haji gagal berangkat, karena dengan limit waktu yang semakin dekat, dan pemerintah Arab Saudi belum menentukan sikap terkait kouta ibadah haji,” katanya, Jumat (4/6/2021).

Baca Juga:  Warga Manding Daya Tumpengan di Malam 17 Agustus 2022

Pasca ada pengumuman dari Menteri Agama, pihaknya mengaku langsung memberikan pemberitahuan kepada calon jamaah haji, jika pemberangkatan ditunda. Serta meminta CJH Sampang dapat memahami situasi dan kondisi terkini.

Fathor tetap merasa optimis, jika calon jemaah haji yang gagal berangkat tahun ini dapat menunaikan ibadah haji atau rukun Islam ke lima di kota suci Mekah pada tahun 2022.

“Tahun mendatang, insyaallah calon jemaah haji dapat berangkat ke tanah suci Mekah tanpa halangan apapun,” pungkasnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.