725 Calon Jemaah Haji Bangkalan Gagal Berangkat

Avatar of PortalMadura.com
725-Calon-Jemaah-Haji-Bangkalan-Gagal-Berangkat
Kantor Kemenag Bangkalan (Foto : M Saed @PortalMadura.com)

PortalMadura.Com, – Sebanyak 725 Calon Jemaah Haji (CJH) asal Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur, gagal berangkat di tahun 2021.

Sebelumnya, Pemerintah melalui Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas memastikan Indonesia tidak memberangkatkan haji 2021. Baca Juga : Resmi, Indonesia Tak Berangkatkan Haji 2021

“Alasan jemaah haji tidak diberangkatkan tahun ini karena untuk keselamatan di tengah pandemi,” terang Kepala Kantor Kemenag Bangkalan, Abdul Haris, melalui kasi urusan Haji dan Umroh, Wafir, Jumat (4/6/2021).

Akibat pandemi belum berakhir, kata dia, maka pemerintah Arab Saudi belum memberikan pengumuman tentang pemberangkatan jemmah haji asal Indonesia.

Sebenarnya, CJH asal Bangkalan sudah dipersiapkan. Semuanya tinggal berangkat. Namun, karena tidak ada kuota dari Arab Saudi, maka gagal berangkat.

“Persiapan sudah siap semua. Namun, pemberangkatan digagalkan,” ujarnya.

CJH yang gagal berangkat di tahun 2021 ini merupakan kuota tahun 2020 yang gagal akibat pandemi Covid-19. Pihaknya berharap, tahun depan (2022) bisa bernagkat.

“Kita memang repot, karena bukan kita penyelenggaranya. Itu otoritasnya Arab Saudi,” ucapnya.

Pihaknya berharap, bagi CJH yang gagal berangkat agar bersabar. “Saya harap dapat menerima atas keputusan dari pemerintah pusat,” pungkasnya.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.