45 Persen Jemaah Calon Haji Sumenep Berisiko Tinggi

Avatar of PortalMadura.com
752 Jemaah Calon Haji Asal Sumenep Siap Berangkat Tahun 2019
dok. Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Kemenag Sumenep, Moh Rifa'i Hasyim (Foto: Samsul Arifin)

PortalMadura.Com, – Sebanyak 45 persen dari 752 Jemaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, tercatat masuk Berisiko Tinggi (Resti) kondisi kesehatannya. Penyebabnya lantaran umurnya di atas 60 tahun dan mengidap penyakit.

“Mayoritas memang umurnya sudah lanjut, meski juga ada yang memang menderita penyakit,” kata Kasi Penyelenggaraan Haji dam Umroh, , Moh Rifa'i Hasyim, Jumat (21/6/2019).

Untuk pemberangkatan jemaah calon haji tahun 2019, jelas Rifa'i, tertua berumur 99 tahun. JCH tertua itu masih sehat. Namun karena sudah berumur lanjut, petugas kesehatan tetap akan memantau dengan maksimal selama menjalankan ibadah haji nanti.

“Semua jemaah calon haji pasti mendapatkan pendampingan medis, terutama mereka yang masuk kategori resti. Ada lima petugas medis di masing-masing kloter yang akan memantau kesehatan jemaah selama proses ibadah,” terangnya.

Baca Juga : Naik Motor Sambil Main HP, Ibu Muda Tewas Kecelakaan di Madura

Dari 752 JCH asal Sumenep tahun 2019 terbagi atas dua kloter yakni kloter 06 sebanyak 445 orang dan kloter 07 sebanyak 307 orang. Untuk kloter 07 digabung dengan jemaah calon haji asal Surabaya sebanyak 138 orang.

Jemaah calon haji asal kabupaten ujung timur Pulau Madura ini akan diberangkatkan pada tanggal 7 Juli 2019 untuk kloter 06, sedangkan kloter 07 diberangkatkan keesokan harinya. Sedangkan persiapan administrasinya sudah 100 persen selesai.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.