oleh

5 Aplikasi Pelacak Nomor Telepon Tak Dikenal

PortalMadura.Com – Apakah Anda pernah mendapat panggilan telepon dari nomor yang tidak dikenal?. Bagi sebagian orang, hal ini terkadang cukup mengganggu. Sebab, bukan tidak mungkin kehadiran nomor itu mempunyai tujuan tidak baik, misalnya berkedok penipuan atau spam.

Tapi Anda tidak perlu khawatir, bagi Anda yang merasa penasaran dengan nomor privat itu, ada cara mendeteksinya. Tentunya, cara ini untuk mengetahui apakah nomor tersebut benar-benar milik seseorang atau lembaga resmi atau hanya nomor iseng dan punya tujuan berbahaya lain.

Berikut lima aplikasi Android dan iOS yang bisa digunakan untuk melihat identitas dari panggilan telepon yang nomornya tidak terdaftar di phonebook Anda sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Sabtu (10/4/2021) dari laman Kompas.com:

Truecaller

Aplikasi pelacak nomor asal Swedia ini adalah salah satu yang cukup populer digunakan. Pengguna aktifnya kini diklaim mencapai lebih dari 200 juta.

Pasalnya, truecaller akan mengidentifikasi nomor tidak dikenal yang masuk ke ponsel pengguna. Apabila nomor yang menghubungi teridentifikasi sebagai nomor spam, Truecaller akan menampilkan nuansa merah yang mengindikasikan nomor tersebut kemungkinan berbahaya.

Selain itu, pengguna juga bisa mencari tahu siapa pemilik nomor yang akan diidentifikasi dari database Truecaller. Database dihimpun dengan cara crowdsourcing (urun daya), artinya data nomor telepon dari pengguna terdahulu yang bersedia dibagikan, dijadikan sebagai database besar untuk digunakan oleh seluruh pengguna aplikasi.

Aplikasi ini menawarkan layanan berbayar maupun tidak. Tentu saja, pengguna yang berlangananan akan mendapat lebih banyak fitur, termasuk tidak ada iklan, melihat siapa yang mengintip akun, lencana premium, perekaman panggilan, dan mode incognito. Aplikasi Truecaller bisa diunduh baik di Google Play Store untuk ponsel Android maupun Apple App Store untuk iPhone.

Get Contact

Secara umum, Get Contact menawarkan fitur yang mirip dengan Trucaller yakni menyaring nomor tidak dikenal. Pengguna bisa langsung memblokir nomor spam yang teridentifikasi oleh aplikasi.

Seperti Truecaller, Get Contact juga berbasis urun daya. Selain itu, pengguna juga mencari tahu pemilik nomor dari database tag yang telah diberikan oleh pengguna lain sebelumnya.

Pengguna juga bisa menikmati lebih banyak fitur dengan membayar biaya berlangganan sebesar 2,99 dollar AS atau sekitar Rp 40.000-an. Aplikasi pelacak nomor Get Contact ini bisa diunduh di Google Play Store dan Apple Store.

Eyecon

Salah satu keunggulan Eyecon dibanding kebanyakan aplikasi pelacak nomor lainnya adalah bebas iklan sekalipun digunakan secara gratis.

Secara umum, fitur yang ditawarkan masih sama dengan Truecaller dan Get Contact yakni untuk menyaring panggilan nomor tidak dikenal.

Pembeda lainnya adalah pengguna Eyecon bisa menambahkan foto untuk masing-masing nomor kontak yang tersimpan di ponselnya. Pengguna juga bisa mengontrol bagaimana kontak dirinya muncul di kontak orang lain.

Aplikasi ini juga bisa dihubungkan dengan akun media sosial milik pengguna, sehingga pengguna tidak perlu repot-repot membuka aplikasi media sosial satu per satu. Aplikasi pelacak nomor Eyecon bisa diunduh di Google Play Store dan Apple App Store.

CallApp

Aplikasi yang dibuat oleh CallApp Caller ID Software ini juga memiiki sejumlah fitur serupa dengan beberapa aplikasi sebelumnya. Selain bisa melacak nomor, CallApp juga bisa mengidentifikasi nomor panggilan tidak dikenal.

Pengguna bisa mengatur untuk mereka panggilan secara otomatis, baik panggilan masuk maupun keluar. Apabila menemukan nomor panggilan yang dirasa menganggu, pengguna bisa memblokir nomor tersebut.

TelGuarder/Spam Call Blocker

Aplikasi pelacak nomor terakhir adalah TelGuarder atau Spam Call Blocker. Secara umum, fiturnya masih sama dengan aplikasi-aplikasi sejenis.

Selain bisa membokir nomor panggilan yang mengganggu, pengguna juga bisa melaporkan nomor tersebut dan memberikan komentar sehingga orang lain bisa mengetahuinya. Aplikasi TelGuarder bisa diunduh di Play Store.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : Kompas.Com

Komentar