oleh

5 Camilan yang Bisa Dibuat Sendiri di Rumah untuk Atasi Perut Kembung

PortalMadura.Com – Mengalami sesak di perut, begah, dan rasa kembung tentu sangat tidak nyaman. Nah bagi Anda yang mengalami permasalahan seperti ini, Anda disarankan untuk tidak terlalu banyak mengonsumsi makanan tinggi garam dan gula.

Sebab, hal itu bisa semakin memperparah rasa kembungnya. Maka sebagai penggantinya, Anda bisa membuat camilan sehat sendiri di rumah untuk mengurangi rasa kembung di perut.

Berikut lima camilan yang bisa mengatasi perut kembung:

Yogurt dan Kacang Kenari
Yogurt penuh dengan protein, kalsium, dan asam lemak omega 3. Sedangkan kacang kenari mengandung serat dan sama-sama mengandung asam lemak omega 3 yang bisa mengurangi rasa kembung di perut.

Pisang dan Selai Kacang Almond
Kandungan potasium di dalam pisang sangatlah baik untuk mengurangi retensi cairan di tubuh. Begitu pula dengan kacang almond yang kaya lemak sehat untuk membantu melawan peradangan yang jadi penyebab perut kembung.

Puding Chia
Kandungan serat dalam biji chia akan membuat Anda merasa mudah kenyang. Sementara asam lemak omega 3 di dalamnya bisa mengurangi peradangan dan kembung.

Puding flaxseeds
Flaxseeds kaya akan asam lemak omega 3 dan serat yang bisa membuat kenyang lebih lama serta mencegah perut kembung. Untuk membuatnya, campur yogurt, flaxseeds yang sudah dipanggang, jintan, dan gula pasir. Kemudian hiasi dengan daun mint.

Kacang Arab Panggang
Camilan ini tidak hanya berguna untuk menurunkan berat badan, namun juga bisa mengurangi kembung di perut karena kandungan zat besi, vitamin B kompleks, dan protein di dalamnya. (merdeka.com/Salimah)