5 Cara Alami dan Sederhana Mengatasi Sakit Perut

Avatar of PortalMadura.com
5 Cara Alami dan Sederhana Mengatasi Sakit Perut
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Masalah yang sering banyak orang alami pada kehidupan sehari-hari adalah kondisi tak nyaman pada perut atau sering dikenal dengan . Hal ini bisa sangat mengganggu aktivitas yang Anda lakukan sehari-hari.

Terdapat sejumlah hal yang bisa menyebabkan terjadinya masalah perut ini. Makanan yang Anda konsumsi juga bisa menjadi penyebab timbulnya masalah kesehatan ini. Makanan dengan rasa terlalu tajam atau dalam kondisi tertentu bisa jadi pemicu munculnya maslaah di perut.

Terlalu banyak atau belum makan bisa menjadi hal yang menyebabkan masalah pada perut ini. Masalah gangguan perut ini bisa Anda atasi bahkan tanpa ke dokter.

Terdapat sejumlah bahan alami dan sederhana untuk meredakan masalah kesehatan perut yang Anda alami ini. Sejumlah bahan ini sangat sederhana seperti misalnya air putih.

Seperti dilansir merdeka.com dikutip dari Medical Daily, berikut sejumlah cara alami dan sederhana untuk atasi masalah perut. Seperti apa, yuks simak dibawah ini.

Air Putih
Asupan air yang cukup merupakan kunci dari pencernaan yang efisien. Konsumsi air bisa membantu tubuh mencerna dan menyerap nutrisi dari makanan yang Anda konsumsi. Jika Anda rentan mengalami masalah pencernaan, pastikan untuk minum dalam jumlah yang tepat.

Masalah seperti muntah dan diare bisa menyebabkan Anda mengalami dehidrasi sehingga penting untuk mengonsumsinya dalam jumlah cukup.

Lemon, Baking Soda, dan Air
Campuran dari jus lemon, baking soda, dan air bisa jadi ramuan untuk menangani masalah pencernaan. Keasaman pada lemon dan nutrisi yang didalamnya bisa memecah lemak dan alkohol sembari menetralkan asam di sistem pencernaan.

Cengkih
Campuran bubuk cengkin dan madu bisa membantu melegakan perut yang bermasalah. Minum sebelum tidur untuk mengatasi masalah ini dan meredakan kondisi perut yang tak nyaman ini.

Cengkih memiliki kandungan yang bisa membantu mencerna gas dalam perut dan mencegah masalah. Hal ini bisa membantu mengatasi pencernaan yang menjadi lambat, mengurangi kram, serta meredakan masalah mual dan muntah.

Jahe
Jahe mengandung zat kimia bernama gingerol dan shogaol di dalamnya yang bisa mengurangi kontraksi dalam perut. Kandungan dalam jahe juga bisa mengurangi diare, mual, dan muntah.

Baca Juga: 6 Jenis Minyak Sitrus dan Khasiatnya Bagi Kecantikan

Komponen ini bermanfaat untuk membuat perut lebih cepat melewati perut. Ketika mengalami masalah pada perut, konsumsi jahe baik dalam bentuk minuman atau makanan untuk mengatasinya.

BRAT
BRAT atau yang terdiri dari Banana, Rice, Applesauce dan Toast pola makan ini disarankan untuk seseorang yang mengalami diare. Makanan ini juga dapat meredakan iritasi tenggorokan dari asam pada saat muntah.

Kandungan pada makanan ini membuat tinja yang dihasilkan lebih padat dan lancar. Makanan ini juga sangat aman dan tidak mencederai kesehatan perut sehingga baik dimakan pada seseorang yang mengalami masalah perut.

Sejumlah bahan makanan dan minuman tersebut disarankan untuk dikonsumsi oleh seseorang yang mengalami masalah pencernaan. Konsumsi secara teratur untuk meredakan masalah perut yang Anda alami.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.