oleh

5 Cara Aplikasikan Foundation Pada Kulit Wajah yang Mengelupas

PortalMadura.Com – Kulit wajah memang lebih sensitif daripada bagian kulit lainnya. Karena itu, kulit wajah perlu perawatan lebih dibanding bagian lainnya. Bila salah perawatan akan menyebabkan kulit kering dan mengelupas. Hal tersebut bisa saja terjadi karena sunburn, dermatitis, atau penggunaan skin care yang terlalu keras.

Ketika kulit sedang mengelupas, hal tersebut tentu akan berpengaruh pada saat mengaplikasikan makeup. Biasasnya makeup sulit untuk menempel sempurna, terutama foundation yang cara pengaplikasiannya menjadi sangat tricky. Bila salah, kulit yang mengelupas malah akan menjadi semakin kering dan terlihat.

Tak usah bingung bagaimana cara mengatasinya, berikut beberapa cara untuk mengaplikasikan foundation pada kulit wajah yang mengelupas. Cara ini bukan cuma untuk pemilik kulit kering saja, Anda yang punya kulit normal atau berminyak, namun sedang menggunakan produk peeling juga bisa menerapkan cara ini. Penasaran? Yuk simak penjelasannya.

Eksfoliasi Kulit dengan Toner dan Kapas
Agar kulit lebih mulus, Anda perlu mengangkat sel kulit kering pada wajah dengan cara mengeksfoliasinya. Namun, karena kulit yang sedang mengelupas cenderung lebih sensitif, pastikan untuk melakukan eksfoliasi secara perlahan. Bukannya menggunakan scrub atau eksfoliating pad yang kasar, gunakan kapas dan toner agar kulit senantiasa lembap.

Pastikan Kulit dalam Kondisi yang Lembap
Kulit lembap menjadi kunci untuk mendapatkan tampilan makeup dan hasil akhir foundation yang flawless. Jika kulit yang normal saja perlu dilembapkan terlebih dahulu sebelum pengaplikasian foundation, apalagi kulit yang sedang mengelupas. Anda mungkin perlu mengganti pelembap dengan tekstur yang lebih kental agar kulit bisa lembap lebih lama dan tidak kembali mengelupas saat menggunakan foundation. Jika tengah hari Anda mulai menyadari ada bagian wajah yang kering dan terkelupas, lakukan touch-up dengan pelembap bertekstur gel atau face mist yang bisa digunakan di atas makeup.

Aplikasikan Hydrating Primer
Bila biasanya Anda mengandalkan silicone-based primer untuk membuat kulit mulus sebelum pengaplikasian foundation, kali ini sebaiknya Anda gunakan hydrating primer yang berbentuk lotion atau cream. Jenis primer ini akan menjaga kulit tetap lembap sehingga foundation dapat menempel dengan rata dan kulit tidak kembali mengelupas. Untuk hasil yang lebih maksimal, pilihlah primer yang memiliki kandungan hyaluronic acid dan gliserin.

Gunakan Foundation dengan Formula Moisturizing
Bila kulit sedang mengelupas, sepertinya Anda perlu menghindari penggunaan foundation dengan hasil akhir matte. Apalagi jika foundation tersebut memiliki klaim tahan air dan mampu mengontrol minyak. Bisa-bisa dalam hitungan jam saja kulit Anda langsung terkelupas. Pilihlah foundation yang memberikan klaim moisturizing atau hydrating, dengan hasil akhir yang dewy. Agar hasilnya lebih maksimal, hindari penggunaan setting powder setelah mengaplikasikan foundation agar kulit tidak semakin kering.

Aplikasikan Foundation Menggunakan Aplikator
Saat kulit dalam keadaan lembap dan normal, mengaplikasikan foundation dengan menggunakan jari mungkin dapat memberikan hasil akhir yang rata. Namun, cara ini mungkin tidak bekerja dengan baik pada kulit yang sedang kering dan mengelupas. Jari dapat menyerap foundation sehingga pengaplikasian foundation akan menjadi kurang rata dan kurang halus. Untuk pengaplikasian yang lebih rata, gunakan brush sintetis atau spons.

Itulah cara aplikasikan foundation pada kulit wajah yang mengelupas. Semoga bermanfaat. (vemale.com/Nanik)


Komentar